Punya smartphone Android?

Hati-hati loh karena virus dan malware bisa menyerang Android-mu.

Biasanya malware lebih mudah menyerang melalui situs yang kita kunjungi di internet, dan internet itu sendiri sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari keseharian kita.

Untungnya di Android kita disediakan beragam aplikasi antivirus pihak ketiga yang bisa mengamankan perangkat kita dari hal tersebut. Dihimpun dari beberapa sumber, berikut beberapa antivirus terbarik untuk Android yang bisa kamu gunakan.

Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Android Paling Ampuh

Tidak ada pengurutan berdasarkan yang terbaik dari daftar rekomendasi dibawah ini, jadi kamu hanya perlu menemukan aplikasi antivirus terbaik yang cocok dengan kebutuhanmu.

V3 Mobile Security by AhnLab Inc.

V3 Mobile Security by AhnLab Inc.

Dibuat oleh developer software asal Korea Selatan bernama AhnLab Inc., aplikasi security ini memang tidak sepopuler aplikasi serupa. Meski demikian ia memiliki tingkat deteksi malware yang tinggi, menurut av-test menjadi 99.6% dan mampu berjalan dengan baik bahkan untuk perangkat Android lawas.

Fitur menarik lainnya yang dimiliki adalah hidden gallery untuk menyembunyikan file foto dan videomu serta privacy cleaner yang akan menghapus browsing history dari browser. Terdapat pula fitur untuk menghentikan akses ke URL phising, block panggilan yang tidak diinginkan serta perlindungan agar malware tidak menghapus aplikasi lain.

V3 Mobile Security dari AhnLab bisa kamu gunakan secara gratis dan mendapatkan semua fitur yang tersedia, termasuk malware scanner. Hanya saja terdapat iklan yang terkadang muncul, namun kamu bisa menghilangkannya dengan berlangganan kurang dari Rp 20.000 per bulan.

Bitdefender Mobile Security & Antivirus by Bitdefender

Bitdefender Mobile Security & Antivirus by Bitdefender

Bitdefender sudah menjadi salah satu nama besar sebagai antivirus terbaik saat ini, dan ia juga datang dalam versi mobile untuk perangkat Android. Menawarkan perlindungan dari baragam ancaman pada Android, Bitdefender menggunakan teknologi cloud scanning yang membuat proses scan menjadi lebih cepat.

Bitdefender sendiri tidak berjalan secara otomatis dibelakang layar, yang artinya kamu harus menjadwalkan proses scan atau menjalankannya secara manual. Hasilnya adalah tidak terganggunya kinerja Android serta tidak menguras daya baterai perangkatmu.

Semua fitur yang kamu butuhkan untuk melindungi smartphone Android-mu dari ancaman virus ada didalam Bitdefender. Sayangnya aplikasi ini tidak memiliki opsi freemium, yang artinya kamu harus membayar biaya langganan. Namun kamu bisa mencoba semua fitur yang ada dengan masa trial selama 14 hari.

Antivirus & Security Master by Cheetah Mobile

Antivirus & Security Master by Cheetah Mobile

Aplikasi ketiga adalah buatan developer bernama Cheetah Mobile, yang juga terkenal melalui produk CM Browser. Namanya tidak begitu tenar seperti Bitdefender, namun pengujian lab av-test.org manampilkan hasil yang impresif.

Aplikasi ini mampu mendeteksi adanya malware dengan tingkat keberhasilan hingga 100% melalui pengujian pada September lalu. Performanya penggunaannya juga tidak mempengaruhi kinerja perangkat serta baterai secara signifikan.

Beberapa fitur yang ditawarkan Cheetah Mobile melalui aplikasi ini antara lain, Intelligent Diagnosis untuk mendeteksi malware, SafeConnect VPN, Anti-Theft Alarm, Applock dan banyak lagi lainnya.

Cheetah Mobile menawarkan versi Standart dan Premium dengan perbedaan pada Unlimited VPN yang mereka tawarkan. Kamu bisa memilih berlangganan pertahun, pertiga bulan maupun perbulan sesuai dengan kebutuhanmu.

Avira Antivirus by Avira

Avira Antivirus by Avira

Aplikasi Avira untuk Android bisa dibilang sebagai aplikasi antivirus pendatang baru, meski untuk versi komputer mereka sudah menjadi salah satu raksasa untuk waktu yang lama. Avira memiliki fitur yang lengkap untuk sebuah antivirus, dan sebagian besar bisa kamu gunakan bahkan pada versi gratis.

Dalam hal perlindungan dari virus dan privasi, Avira bahkan bisa melakukan pemindaian pada external storage seperti microSD yang kamu gunakan. Jika kamu kehilangan perangkat Android-mu, terdapat fitur yang memungkinkan kamu untuk meminta orang yang menemukannya untuk menghubungimu.

Aplikasi ini memiliki opsi in-app purchase, yang akan mengaktifkan fitur browser security, camera protection, ad-free dan banyak lagi lainnya. Kamu bisa berlangganan versi premium seharga $11.99 per tahun, cukup terjangkau bukan?

Kaspersky Mobile Antivirus by Kaspersky Lab

Kaspersky Mobile Antivirus by Kaspersky Lab

Kaspersky menjadi salah satu pemain besar dalam dunia antivirus seperti Bitdefender. Versi mobile yang dibuat untuk Android ini memiliki versi gratis dan opsi in-app purchase dengan beberapa fitur tambahan.

Kaspersky Mobile Antivirus memiliki beberapa fitur seperti call-blocking, anti-theft dan tentunya malware protection. Di versi premiumnya kamu bisa mendapatkan fitur real-time protection, app locker, anti-phising dan lain-lain.

Menurut hasil tes dari lab AV-Test pada yang dirangkum dalam report pada September 2019 lalu, Kaspersky Mobile Antivirus mendapatkan tingkat deteksi malware hingga 100% yang menjadikannya salah satu antivirus terbaik untuk Android.

Ditujukan sebagai sebuah antivirus, kamu bisa berlangganan Kaspersky Mobile Antivirus premium dengan biaya sekitar Rp 30.000 perbulan atau Rp 150.000 per tahun. Biaya yang terjangkau jika melihat fitur perlindungan yang mereka tawarkan.

Mobile Security by McAfee LLC

Mobile Security by McAfee LLC

McAfee juga menjadi salah satu nama besar dalam bidang antivirus, setelah cukup lama beredar untuk perangkat komputer. Aplikasi antivirus Android besutan McAfee ini memiliki banyak fitur seperti security lock, Wi-Fi security, anti-theft, battery optimizer, memory cleaner dan lain-lain.

Aplikasi ini memiliki antarmuka yang bersih dengan tombol-tombol fungsi yang tertata rapi, ada keterangan dibawah tombol yang hanya bisa kamu gunakan setelah membeli versi premium. Sedangkan untuk penggunaan versi gratis kamu akan melihat beberapa iklan didalam aplikasi McAfee.

Mobile Security ini juga mendapatkan hasil memukau dari tes yang dilakukan oleh av-test pada September 2019. Dengan hasil deteksi malware Android 100% dan perlindungan terhadap serangan malware secara real-time sebesar 99.7%.

Performa penggunaannya juga dinilai tidak mengganggu kinerja perangkat Android dan penggunaan baterainya.

Norton Mobile Security and Antivirus by NortonMobile

Norton Mobile Security and Antivirus by NortonMobile

Norton Antivirus & Sicherheit
Norton Antivirus & Sicherheit

Norton membawa antivirus mereka ke tingkat Android dengan performa memukau, dimana mereka mendapatkan tingkat deteksi sempurna terhadap malware melalui tes yang dilakukan oleh av-test pada September lalu.

Selain anti-malwarenya, Norton Mobile juga dilengkapi fitur remote lock untuk mengamankan data saat smartphone-mu hilang serta block SMS dan panggilan yang tidak diinginkan. Ia juga memiliki fitur VPN untuk melindungi semua aktivitasmu di internet.

Baca juga: Antivirus Terbaik

Sayangnya tidak ada versi gratis dari aplikasi ini, dimana kamu diberikan penawaran 30 hari trial yang kemudian harus membayar biaya berlangganan sekitar $39 pertahun. Harga yang cukup tinggi dibanding beberapa kompetitornya.

Sophos Intercept X for Mobile by Sophos Limited

Sophos Intercept X for Mobile by Sophos Limited

Sophos Intercept X for Mobile
Sophos Intercept X for Mobile

Meski namanya tidak setenar aplikasi antivirus lain, Sophos pernah mendapatkan penghargaan sebagai antivirus terbaik pada tahun 2015 yang diberikan oleh AV-Test. Sophos bisa menjadi alternatif terbaik karena aplikasi gratis ini tidak menampilkan iklan dan memiliki banyak fitur.

Sebagai tambahan disamping fitur anti-malware, kamu mendapatkan anti-theft, app locker, security advice, call blocker dan lain-lain. Sophos memiliki antarmuka yang sederhana dan simpel.

Menjadi salah satu aplikasi antivirus terbaik untuk Android, Sophos sendiri sudah mengumpulkan lebih dari 1 juta download. Angka yang cukup meyakinkan untuk melindungi perangkat Android-mu dari malware, trojan dan virus yang bisa mempengaruhi perfoma perangkatmu.

Mobile Security & Antivirus by Trend Micro Incorporated

Mobile Security & Antivirus by Trend Micro Incorporated

Tidak pernah mendengar nama Trend Micro? Memang tidak terlalu populer, namun antivirus berbasis Android dari Trend Micro sebenarnya patut kamu coba. Bagaimana tidak, ia mendapatkan tingkat deteksi malware sempurna atau 100% pada tes yang dilakukan av-test September 2019 lalu.

Aplikasi ini juga memiliki privacy scanner untuk Facebook yang tugasnya memperingatkan kamu jika ada pengaturan profil yang menampilkan informasi sensitif, yang mungkin bisa menjadi celah ancaman berbahaya kedepannya.

Kamu bisa menggunakan aplikasi besutan Trend Micro ini gratis. Namun mereka juga menawarkan trial selama 7 hari untuk mencoba fiturnya secara penuh. Jika merasa cocok, kamu bisa berlangganan dengan membayar sekitar Rp 10.000 perbulan atau Rp 100.000 pertahun.

Malwarebytes Security by Malwarebytes

Malwarebytes

Malwarebytes mungkin lebih populer sebagai aplikasi untuk menangani malware di Windows. Namun sekarang kamu bisa menikmati layanannya melalui Android secara gratis. Malwarebytes bisa membereskan virus, malware, adware bahkan ransomware. Saya sendiri menggunakan aplikasi ini sebagai pilihan utama untuk mendeteksi serangan malware.

Kamu bisa menggunakan Malwarebytes secara gratis, ada pula opsi trial selama 30 hari yang membuatmu bisa merasakan fitur yang diberikan secara penuh. Adapun jika masa trial ini telah berakhir, kamu tetap bisa menggunakannya dengan hanya fitur detect and clean saja.

Harga yang ditawarkan untuk versi premiumnya juga sangat terjangkau, dimana kamu bisa berlangganan bulanan dengan membayar $1.49 atau tahunan sebesar $11.99 saja.

F-Secure Mobile Security by F-Secure Corporation

F-Secure Mobile Security by F-Secure Corporation

F-Secure Mobile Security
F-Secure Mobile Security

F-Secure cukup terkenal menjadi alternatif antivirus untuk komputer, yang juga memiliki produk khusus smartphone Android. Fitur andalan yang ditawarkannya antara lain, App Scanning, Banking Protection, Online Identity Protection, Parental Control dan Browsing Protection.

Performa perlindungan F-Secure juga tidak perlu diragukan, dimana ia mendapatkan nilai yang hampir sempurna dari lab independen av-test. F-Secure memiliki antarmuka yang simpel dan mudah digunakan, tidak ada iklan mengganggu didalamnya.

Sayangnya untuk menikmati layanan impresifnya, kamu harus berlangganan seharga $9.99 per 6 bulannya. Harga yang terbilang murah atau mungkin bersaing jika dibandingkan aplikasi sejenis. Setelah install sendiri kamu akan masuk masa trial selama 31 hari untuk mencoba semua fiturnya.

AVG Antivirus 2019 by AVG Mobile

AVG Antivirus 2019 by AVG Mobile

AVG menjadi nama besar lain dalam bidang antivirus, baik untuk platform komputer maupun mobile. Untuk Android, mereka memiliki AVG Antivirus 2019 yang menawarkan sejumlah fitur disamping proteksi terhadap serangan malware dan virus itu sendiri.

Kamu bisa menemukan RAM Booster, Power Saver, Lock Apps, Wi-Fi Security, Junk Cleaner, VPN, Photo Vault, SIM Security dan lain-lain. Lebih seperti aplikasi untuk menjaga performa perangkat Android-mu disamping menghindari serangan virus.

Namun sebagian fitur yang mungkin kamu butuhkan hanya ada pada versi berbayarnya, tapi kamu bisa mencobanya melalui masa trial selama 14 hari. Di versi gratis ia masih menampilkan iklan, untuk menghilangkannya bisa dengan berlangganan versi Pro sebesar Rp 119.000 pertahun atau versi Ultimate Rp 309.000 pertahun.

Avast Antivirus by Avast Software

Avast Antivirus by Avast Software

Avast tentunya sudah lebih dulu populer sebelum sistem operasi Android diciptakan, ia banyak digunakan pada platform Windows. Versi Android-nya bisa kamu gunakan secara gratis dengan performa perlindungan terhadap ancaman virus yang baik. Avast mendapatkan skor deteksi malware mencapai 99.9% dikutip dari situs av-test.

Beberapa fitur yang dimiliki Avast antara lain, Antivirus Engine, Anti-Theft, App Lock, Photo Vault, Power Save, Firewall, RAM Booster, VPN, Privacy Permissions, Junk Cleaner dan masih banyak lainnya.

Avast memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah dimengerti, bahkan jika kamu baru pertama kali menggunakannya. Aplikasi ini masih menampilkan iklan sebagai sumber pendapatan meskipun tidak agresif. Kamu bisa menghilangkannya dengan berlangganan versi Pro atau Ultimate dengan tambahan beberapa fitur yang akan terbuka setelahnya.

ESET Mobile Security & Antivirus by ESET

ESET Mobile Security & Antivirus by ESET

ESET Mobile Security & Antivirus
ESET Mobile Security & Antivirus
Developer: ESET
Price: Free+

Sama seperti aplikasi antivirus terbaik untuk Android sebelumnya, ESET Mobile juga berasal dari developer aplikasi untuk platform berbasis Windows. Nama besar antivirus yang membawa produknya ke ranah Android tentu menawarkan fitur yang menarik.

Selain proteksi dari virus, ESET Mobile juga memiliki fitur Anti-Theft, Anti-Phising, App Lock, Security Audit dan lain-lain. Hasil tes av-test juga menunjukan hasil yang memukau dengan perlindungan dari serangan malware secara real-time mencapai 99.9%. Sedangkan angka deteksi malwarenya sempurna.

Penggunaan ESET mobile diklaim tidak mempengaruhi kinerja perangkat Android, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi. Aplikasi ini tidak menampilkan iklan sama sekali, sebagai gantinya ada opsi in-app purchase dengan biaya sekitar Rp 24.000 perbulan atau Rp 125.000 pertahun.

Versi premium dari ESET Mobile akan memberikan tambahan fitur seperti Up-to-date protection, Retrieve lost device, App lock, Security Audit dan Safer Internet. Berminat? Coba dulu melalui masa trial yang diberikan sebelum memutuskan berlangganan.

Penutup

Sudah menemukan aplikasi antivirus terbaik untuk Android-mu?

Jika antivirus memang aplikasi yang kamu butuhkan untuk menjaga privasi maupun ancaman serangan virus, pertimbangkanlah untuk berlangganan.

Kamu juga bisa mempertimbangkan bundle yang biasa diberikan, misalnya kamu bisa mendapatkan lisensi antivirus untuk Windows dan Android. Akan lebih hemat bukan?

Karenanya ada baiknya melakukan sedikit survey sebelum memutuskan untuk berlangganan, baik itu tentang kualitas, harga maupun pelayanan yang akan kamu dapat.

Semoga artikel ini bermanfaat, kedepannya saya akan mencoba melakukan pembaruan dari daftar diatas.

Cheers