Jika kamu mempunyai perangkat berbasis MacOS dan mencari info mengenai antivirus terbaik untuk Mac, maka kamu datang ke tempat yang tepat. Atau jika kamu berpikir apakah MacOS memerlukan sebuah antivirus.

Secara umum Mac memang lebih aman dibandingkan sistem operasi Windows, karena dua alasan. Pertama adalah sistem operasi berbasis Unix yang memiliki sandboxing tool, yang akan membatasi kerusakan karena virus.

Kedua adalah tentu saja, karena perangkat dengan sistem operasi MacOS yang jumlahnya lebih sedikit dibanding Windows. Lebih sedikit pengguna otomatis akan lebih sedikit pula ancama virus, malware dan semacamnya.

Meski demikian, tidak bisa dikatakan bahwa perangkat Mac aman dari serangan virus, dimana setiap waktu akan terus berkembang mencari celah baru untuk bisa dimasuki. Sebelum terserang dan mengakibatkan kerusakan, ada baiknya mencegah dengan pertahanan dari sebuah antivirus bukan?

Antivirus Terbaik untuk MacBook Paling Handal

Memang tidak ada antivirus yang bisa menjamin untuk melindungi MacBook-mu dari serangan dan kerusakan yang diakibatkan virus, namun paling tidak beberapa diantaranya bisa diandalkan untuk menjaga penuh perangkat Mac-mu.

Dihimpun dari beberapa sumber terpercaya, berikut ini beberapa daftar rekomendasi antivirus terbaik untuk MacBook.

Avast

Avast Security for Mac

Image credit: www.av-test.org

Jika antivirus gratis adalah opsi utamamu, maka Avast bisa menjadi pilihan yang tepat. Versi gratisnya menawarkan perlindungan terhadap virus dan malware, password manager, pemindaian untuk email dan attachment serta hampir tidak mempengaruhi kinerja sistem.

Meski tidak sempurna, namun akan lebih baik memberikan pagar tambahan untuk Mac-mu bukan? Sedangkan jika membeli versi premium kamu akan mendapatkan fitur lain seperti VPN service dan system optimizer.

AVG

AVG Antivirus for Mac

Image credit: www.av-test.org

Meski sudah dimiliki oleh Avast sejak 2016 lalu, AVG tetap menjadi salah satu antivirus terbaik bahkan untuk perangkah Mac. AVG memiliki tampilan yang simpel dan mudah digunakan, bahkan untuk pengguna awam sekalipun.

Soal proteksi terhadap virus ia mendapatkan mendapatkan nilai 100% dari hasil tes lab independen av-test.org yang dilakukan pada bulan Juni 2019 lalu. Penggunaannya hampir tidak mempengaruhi kinerja sistem dibelakang layar, dimana ia mencatatkan skor 5.5/6.0 yang merupakan angka yang sama dengan hasil tes Avast.

Bitdefender

Bitdefender Antivirus for Mac

Image credit: www.av-test.org

Bitdefender Virus Scanner for Mac adalah produk antivirus dari perusahaan Bitdefender yang bisa kamu gunakan gratis. Antivirus ini ringan digunakan dan mampu mencari dan menghapus threats pada Mac.

Tampilannya yang simpel membuatnya sangat mudah digunakan. Tentunya kamu bisa melakukan scan untuk semua file dan folder yang kamu miliki. Hasil tes terakhir yang dilakukan av-test.org menunjukan angka 100% untuk sektor proteksi.

Sedangkan penggunaanya bisa dibilang tidak memberatkan sistem komputer dengan skor 6.0/6.0 dari yang didapatkannya. Kekurangan dari versi gratis ini adalah tidak hadirnya fitur real-time protection dan website filter, yang hanya bisa kamu dapatkan saat melakukan langganan.

Avira

Avira Pro for Mac

Image credit: www.av-test.org

Saat beberapa perusahaan antivirus lain berlomba-lomban memberikan fitur terlengkap dalam hal cyber security, Avira melakukan hal yang lebih simpel dari itu. Tidak ada network scanning, web filtering atau hal lainnya yang dijadikan fitur tambahan, mereka lebih fokus dalam hal menjaga sistemmu dari serangan malware.

Namun tidak berarti Avira tidak memiliki hal yang diunggulkan, dimana kamu masih diberi real-time scanner yang akan mengakses segala jenis file dan mendeteksi threats sebelum menyebabkan kerusakan.

Lab av-test.org memberikan skor proteksi sempurna 6.0/6.0 dan skor untuk pengaruh saat penggunaan sebesar 5.0/6.0. Memang akan sedikit memberikan pengaruh pada sistem, namun seharusnya tidak begitu besar.

Meski terdapat versi gratis, kamu juga bisa mempertimbangkan berlangganan Avira Pro untuk mendapatkan layanan tech support dan harga yang lebih hemat untuk 3 perangkat (Mac, Windows dan Android) seharga $42 per tahun.

Kaspersky

Kaspersky Internet Security

Image credit: www.av-test.org

Kaspersky Internet Security dilengkap berbagai fitur menarik seperti webcam lock, mematikan tracking cookies, menjadi salah satu yang terbaik dalam hal parental control dan tentunya malware detection dengan tingkat keberhasilan mencapai 100% menurut situs av-test.

Soal impact ke kinerja sistem saat penggunaan, situs av-test memberikan skor 5.5/6.0 yang artinya masih cukup bersaing dengan antivirus untuk perangkat Mac kebanyakan. Keterbatasan yang kamu dapatkan dari versi gratisnya adalah tidak dilengkapi fitur password manager dan VPN.

Norton 360 Deluxe

Norton 360 Deluxe

Image credit: www.av-test.org

Menjadi salah satu yang terbaik saat ini menurut data tes dari lab av-test, Norton menawarkan proteksi dari virus, penggunaan yang ringan, proses scan yang cepat dan beberapa fitur lainnya.

Norton juga mendapatkan skor sempurna 6.0/6.0 di situs av-test.org untuk semua sektor yang mereka uji. Namun disini kamu tidak akan mendapatkan fitur seperti webcam protection dan parental control meskipun berlangganan dengan harga yang sama.

Malwarebytes for Mac

Malwarebytes for Mac

Image credit: www.malwarebytes.com

Kebutuhan pengguna Mac tidak hanya mendeteksi virus atau threat berisiko lain, namun juga menghalangi adware atau program tidak diinginkan lainnya yang mungkin berbahaya. Disini kamu mungkin bisa mencoba Malwarebytes untuk Mac yang sama simpel dan mudahnya dalam hal penggunaan seperti versi Windows-nya.

Meski belum ada hasil tes dari lab independen, kamu bisa mencoba performanya dengan menggunakan trial selama 30 hari yang mereka tawarkan. Dimasa trial kamu akan mendapatkan semua fitur termasuk real-time protection, yang akan hilang saat masa trial berakhir.

Baca juga: Antivirus Terbaik

McAfee

McAfee for Mac

Image credit: www.pcmag.com

McAfee memang belum melewati tes lab independen, namun bisa menjadi salah satu opsi dalam memilih antivirus untuk Mac. Mungkin soal proteksi bisa dibilang lumayan karena McAfee sendiri sering masuk jajaran antivirus yang direkomendasikan untuk perangkat lain, misalnya Windows.

Yang menarik adalah paket lisensi 10 perangkat yang pastinya lebih hemat dan bisa kamu gunakan untuk semua perangkat dirumahmu, tidak peduli apa sistem operasinya.

F-Secure SAFE

F-Secure SAFE

Image credit: www.av-test.org

Menjadi salah satu antivirus terbaik untuk Mac, F-Secure SAFE mendapatkan angka 99.5% pada tes yang dilakukan av-test. Sedangkan performanya saat digunakan memang sedikit mengganggu kinerja dengan skor 5.5/6.0 yang masih dibatas cukup baik.

Beberapa website juga menilai F-Secure SAFE sedikit kekurangan fitur seperti banking protection, yang berguna untuk menghalangi aplikasi lain untuk berinteraksi saat kamu sedang dalam keadaan log-in rekening bank-mu.

Namun secara keseluruhan, F-Secure SAFE memiliki tampilan yang user-friendly dan proteksi yang akurat. Hal ini membuatnya bisa menjadi pilihan yang cukup memadai untuk melindungi perangkat Mac-mu.

Intego

Intego VirusBarrier

Image credit: www.av-test.org

Mungkin nama ini kurang familiar atau sangat familiar bagi pengguna Mac. Intego sudah menjadi pelindung untuk Mac selama 22 tahun, jadi baik track record maupun performanya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Ia dibekali dengan antivirus engine yang dapat melindungi Mac dari ancaman antivirus terbaru, termasuk juga untuk perangkat Windows. Meski sudah lama di industri security untuk Mac, entah mengapa produk antivirusnya ini dirasa memiliki fitur yang terbatas dibanding beberapa kompetitornya.

Namun jangan khawatir soal fungsi utamanya sebagai antivirus, di av-test ia mencatatkan angka 100% detection malware. Sedangkan untuk performance dan usability-nya mendapatkan skor 5.5/6.0 yang terbilang cukup bagus.

Vipre

Vipre Advanced Security

Image credit: www.av-test.org

Selanjutnya ada Vipre, yang menjadi salah satu antivirus dengan skor sempurna untuk semua tes yang dilakukan av-test.org pada bulan Juni 2019 lalu. Antivirus premium ini membagi produknya menjadi tiga dengan fitur yang berbeda, dimana diharga langganan yang paling mudah kamu mendapatkan paling sedikti fitur, begitu pula sebaliknya.

Ia membawa fitur real-time protection, firewall, anti-tracking, webcam & microphone blocker dan banyak lagi lainnya. Karena sudah melewati tes dengan hasil memuaskan tentu kamu tidak perlu ragu dengan proteksi yang diberikannya.

Untuk mencobanya, kamu bisa mengambil masa trial yang diberikan Vipre melalui website resminya.

Sophos

Sophos for Mac

www.av-comparatives.org

Pasar antivirus gratis tentu sangat kompetitif, namun Sophos mendapatkan tempat sebagai salah satu antivirus yang direkomendasikan untuk perangkat Mac. Memang belum ada report terakhir dari lab tes independen mengenai proteksi dan performanya, namun ia pernah masuk av-test dan mendapatkan hasil dengan level yang sama dengan produk dari Bitdefender, Avast, Kaspersky dan nama besar lainnya.

Beberapa fitur yang dimilikinya antara lain real-time protection, browser filter dan parental control. Ingin fitur yang lebih advance lagi? Pertimbangkan untuk membayar biaya berlangganan tahunan.

Trend Micro Antivirus for Mac

Trend Micro Antivirus for Mac

Image credit: www.av-test.org

Sama seperti Vipre, pada tes terakhir yang dilakukan av-test ia mendapatkan skor sempurna untuk sektor protection, performance dan usability. Selain menjadi rekomendasi untuk perangkat Mac, produk Trend Micro ini juga memiliki rekam jejak yang baik untuk Windows bahkan perangkat mobile Android.

Sayangnya tidak ada versi gratis maupun masa trial untuk antivirus ini, jadi salah satu cara untuk mendapatkan fiturnya adalah dengan berlangganan. Meski demikian, ada uji coba 30 hari uang kembali yang bisa kamu lihat detilnya langsung melalui website resmi Trend Micro.

ESET Cyber Security

ESET Cyber Security

Image credit: www.pcmag.com

Meski sempat mendapatkan skor yang tinggi dari lab tes independen, belum ada hasil tes terbaru untuk produk ESET untuk Mac yang satu ini. Namun karena nama besar dan sebelumnya pernah mendapatkan hasil yang baik, tentu ESET tidak bisa dianggap sebelah mata.

Bukan yang tercepat dalam proses pemindaian, namun ESET akan menggali kedalam sistemmu untuk memastikannya bersih dari virus. Harga lisensi yang ditawarkan juga cukup kompetitif untuk kamu bandingkan dan pertimbangkan.

Penutup

Itulah beberapa antivirus terbaik untuk Mac yang bisa kamu coba dan gunakan. Karena memang tidak ada sistem yang benar-benar aman dan ada baiknya mencegah sebelum terinfeksi virus.

Beberapa antivirus diatas ada yang menawarkan versi gratis, hanya free trial maupun hanya premium yang artinya kamu harus membayar biaya langganan. Jadi tidak semua link download yang saya cantumkan berarti kamu bisa mendapatkannya secara gratis. Bijaklah dalam memilih antivirus yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Saya akan mencoba memperbarui artikel ini secara berkala, semoga artikel ini bermanfaat.

Cheers!