Sudah sejak lama antivirus dianggap sebagai salah satu software yang wajib diinstall disetiap komputer. Hingga saat ini antivirus memiliki peran yang krusial, terlebih perkembangan virus dan malware yang bisa menyerang dari banyak sisi yang terkadang tidak kita sadari.

Virus ataupun malware sendiri bisa menyebabkan kerusakan yang sangat fatal. Keduanya bahkan bisa datang dari aktivitas kita diinternet, misalnya mendownload file mencurigakan, membuka website dengan iklan berisi malware ataupun tidak sengaja membuka link phising yang masuk ke email.

Dengan adanya antivirus beberapa hal diatas bisa dicegah, karena umumnya antivirus akan membaca dan memperhitungkan sebuah website atau link dalam keadaan aman atau tidak untuk dibuka.

Antivirus Terbaik Paling Handal untuk Windows

Di artikel ini saya memberikan beberapa rekomendasi antivirus terbaik untuk melindungi komputermu. Beberapa diantaranya juga sudah memiliki versi mobile yang bisa digunakan di perangkat Android.

Perlu diketahui bahwa antivirus yang baik adalah antivirus yang kamu beli secara legal, bukan hasil crack menggunakan aplikasi pihak ketiga. Atau paling tidak kamu bisa menggunakan versi gratisnya saja.

Bitdefender Internet Security

Bitdefender Internet Security

Image credit: www.av-test.org

Rekomendasi antivirus pertama yang bisa kamu beli adalah Bitdefender Internet Security. Antivirus ini dapat diandalkan, akurat dan memberikan perlindungan dari berbagai jenis tipe malware seperti ransomware, rootkits, Trojan dan phising.

Bitdefender Internet Security juga datang dengan perlindungan browser dan VPN untuk mengamankan transaksi banking dan belanja kamu, terdapat pula fitur password manager yang akan mengingat detil kartu kredit pada form web.

Bitdefender memiliki profil otomatis yang dampak dari berjalannya antivirus disesuaikan dengan pekerjaan yang sedang kamu lakukan sehingga tidak akan menghambat aktivitasmu dikomputer, seperti saat sedang bermain game, bekerja atau hanya menonton film.

Kaspersky Internet Security

Kaspersky Internet Security

Image credit: www.av-test.org

Kaspersky Internet Security mempunyai segalanya yang dibutuhkan untuk kamu yang menginginkan malware detection yang handal. Kaspersky bisa membaca threats tanpa memberikan banyak peringatan false positives yang menyebalkan.

Kaspersky juga sudah membekali software mereka dengan secure browser, yang sangat ideal dan tentunya aman kamu gunakan untuk bertransaksi online termasuk melakukan aktivitas dengan akun online banking-mu.

Tanpa membutuhkan banyak pengaturan, Kaspersky disebut-sebut sebagai antivirus yang easy-to-use. Beberapa fitur lain yang ia miliki seperti parental control, Windows backup and recovery, file shredder dan masih banyak lagi.

Norton

Norton

Image credit: www.av-test.org

Norton meluncurkan produk antivirus terbaru mereka pada April 2019 lalu dengan nama Norton Antivirus Plus. Sudah dikenal cukup lama, Norton memberikan perlindungan dari beragam jenis malware yang kemungkinan bisa menyerang komputermu.

Beberapa fitur versi berbayar aplikasi ini seperti password manager, 2GB cloud backup, dan opsi full tech support. Ini artinya kamu bisa meminta bantuan teknisi dari Norton jika mengalami kendala seputar malware, meski harus memenuhi beberapa syarat pembelian.

Terlepas dari hal itu, Norton cukup tangguh untuk mencegah infeksi malware dengan melakukan URL blocker yang akan menjauhkanmu dari website mencurigakan. Norton juga memberikan up-to-date virus definition quarantine, memastikan tidak ada jenis malware baru yang lolos ke komputermu.

SMADAV

SMADAV

Pengguna komputer di Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan antivirus yang satu ini. Dibuat oleh anak bangsa, SMADAV bisa saya bilang sebagai alternatif antivirus terbaik saat ini. Terlebih harga versi premium yang sangat terjangkau yang bisa kamu beli dari website resmi mereka.

SMADAV sendiri memberikan update software secara berkala, termasuk database virus terbaru agar tetap relevan. SMADAV memberikan beberapa highlight fitur seperti proteksi komputer dan USB, antivirus yang ringan digunakan serta cleaner tools untuk membersihkan virus.

SMADAV versi premium menurut saya worthed untuk dibeli jika kamu tidak sanggup membayar biaya berlangganan antivirus lainnya. Saya sendiri sudah cukup lama menggunakan versi premium dan tidak ada kendala berarti.

AVG

AVG

Image credit: www.av-test.org

AVG sudah menjadi software antivirus gratis pilihan banyak orang, saya sendiri sempat menggunakannya. Ia memiliki tampilan yang modern dan mudah digunakan meskipun gratis, fiturnya juga terbilang memadai sebagai antivirus gratis.

AVG memiliki performa yang bagus untuk perlindungan dari malware seperti antivirus mainstream lain. Tidak hanya mendukung sistem operasi Windows, kamu bisa menginstall AVG diperangkat berbasis Android dan Mac yang kamu miliki.

Trend Micro Antivirus+ Security

Trend Micro Antivirus+ Security

Image credit: www.av-test.org

Nama antivirus yang satu ini mungkin tidak begitu familiar ditelinga kita. Namun Trend Micro Antivirus+ Security memiliki performa yang tidak kalah positif sebagai antivirus.

Trend Micro Antivirus+ Security memiliki skor yang tinggi dalam hal anti spam, dan datang dengan modul “Folder Shield” untuk memblokir ancaman ransomware yang akhir-akhir ini cukup sering terjadi.

Selain memiliki reputasi sebagai salah satu antivirus yang mudah digunakan, ia juga tidak membebani kinerja komputermu. Antivirus ini bisa kamu coba gratis melalui program free trial selama 30 hari.

ESET NOD32

ESET NOD32

Image credit: www.av-test.org

Jika kamu butuh antivirus dengan fitur yang lebih ekspert lagi, coba lirik ESET NOD32. Antivirus ini datang dengan beragam kemampuan untuk melindungi perangkat komputermu dari serangan malware.

Beberapa fitur menarik yang ia miliki diantaranya adalah, real-time malware protection, exploit protector, anti-ransomware layer, URL filtering, UEFI scanner, USB scanner dan banyak lagi lainnya.

ESET NOD32 Antivirus juga mempunya beberapa fungsi berguna lain seperti password manage, software firewall, file shredder dan vulnerability scanner yang membuat ESET NOD32 lebih fokus pada fitur inti.

MalwareBytes

MalwareBytes

Image credit: www.av-test.org

Nah yang satu ini juga menjadi aplikasi favorit saya untuk urusan menangani virus maupun malware. MalwareBytes memiliki spesialisasi melindungi perangkatmu dari ancaman berbagai jenis malware.

Kamu bisa menggunakan MalwareBytes diperangkah Winwdows 10, Android dan MacOS jika merasa perangkatmu terserang malawre. Namun akan lebih baik juga menggunakannya sebagai pelindung sebagai tindakan pencegahan. Fitur on-demand scan yang ada pada MalwareBytes akan mendeteksi keberadaan malware dan menghapusnya.

Avira

Avira

Image credit: www.av-test.org

Kamu hanya butuh antivirus gratis? Coba Avira deh.

Avira sendiri sudah sangat populer di Indonesia karena menyediakan aplikasi antivirus gratis. Saya ingat betul antivirus ini banyak digunakan di komputer warnet disekitar rumah saya.

Avira sendiri memiliki sistem perlindungan yang dapat diandalkan dengan banyak opsi kustomisasi yang bisa kamu coba. Kamu bisa mengatur seberapa agresif Avira melakukan proses scanning, dengan level deteksi default adalah medium.

Meski scanning engine-nya bukan yang tercepat, namun ia tetap mendapatkan sertifikasi kinerja yang baik dari beberapa testing labs seperti AV-Comparatives, Virus Bulletin dan AV-Test. Hingga saat ini Avira sendiri sudah mengumpulkan lebih dari 400 juta download, angka yang impresif bukan?

Avast Pro

Avast Pro

Image credit: www.av-test.org

Avast jadi salah satu anvitirus berumur cukup tua dengan reputasi yang luar biasa sebagai antivirus, khususnya untuk versi gratis yang mereka tawarkan. Meski demikian Avast juga menawarkan versi berbayar dengan beberapa tambahan perlindungan.

Versi terbaru dari Avast premium mampu membaca situs phising tanpa browser extension, yang umumnya dilakukan dengan menggunakan browser extension. Avast sendiri memiliki reputasi hasil pemindaian malware jika melihat rekam jejaknya melalui situs av-test.org, bahkan sebelum Avast Premier 2019 keluar.

Sedangkan untuk performa saat digunakan, Avast tidak memberatkan atau menghambat kinerja sistem komputermu. Kekurangan versi berbayar Avast adalah harga langganan tahunan yang cukup tinggi untuk digunakan di satu perangkat. Kamu mungkin bisa mempertimbangkan mencoba versi trial sebelum memuturkan untuk berlangganan.

VIPRE Advanced Security

VIPRE Advanced Security

Image credit: www.av-test.org

VIPRE Advanced Security mungkin bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin antivirus simpel dan mudah digunakan. Antivirus ini memiliki antarmuka yang bersih dan icon besar sehingga kamu dapat menemukan pengaturan tertentu dengan cepat.

Performanya terlihat cukup menjanjikan jika dilihat dari hasil AV-Test, dimana ia mendapatkan skor rata-rata 6.0/6.0 untuk sebuah antivirus yang jarang kita dengar namanya.

Seperti antivirus lain, VIPRE Advance Security dilengkapi dengan malware protector, anti phising untuk mengamankan data pribadi seperti kartu kredit bahkan social media tool yang akan memindai timeline Facebook-mu untuk melihat apakah ada link mencurigakan.

McAfee

McAfee

Image credit: www.av-test.org

Sama seperti beberapa antivirus lain, McAfee sudah memulai perjalanan karirnya sebagai antivirus untuk waktu yang lama. Hingga saat ini McAfee menjadi salah satu antivirus yang direkomendasikan penggunaannya baik untuk kalangan personal maupun bisnis.

Dari hasil test terakhir yang dilakukan AV-Test, McAfee mendapatkan skor sempurna dalam mendeteksi 0-day attacks and blocking untuk virus dan malware. McAfee Total Security juga memiliki perlindungan dari website mencurigakan serta ransomware yang akhir-akhir untuk cukup mengancam.

Webroot SecureAnywhere Antivirus

Webroot SecureAnywhere Antivirus

Image credit: www.av-test.org

Setiap perusahaan pasti mengklaim produk antivirus mereka menjadi yang paling ringan, dalam segi ukuran file dan penggunaan. Namun mungkin Webroot SecureAnywhere Antivirus lah yang paling menjanjikan dalam hal tersebut. Antivirus ini hanya memakan sekitar 2MB dari penyimpanan komputermu.

Meski demikian, tidak ada kompromi dalam hal fitur yang mereka sediakan. Terdapat core protection, real-time antiphising, firewall dan network connection monitor, anti-ransomware dan beragam fitur menarik lainnya.

Namun kita belum bisa melakukan komparasi performa Webroot SecureAnywhere Antivirus dengan komptetitor lain, sebab belum ada hasil pengujian lab antivirus ternama hingga saat ini.

F-Secure Antivirus SAFE

F-Secure Antivirus

Image credit: www.av-test.org

F-Secure ANtivirus SAFE bisa dibilang datang dengan cukup serius untuk sebuah antivirus. Beberapa fitur andalan seperti banking protection untuk melindungi transaksi online-mu sampai safety tools untuk melindungi seluruh keluargamu dengan content blocking dan time limit.

Proteksinya tidak hanya untuk komputer, namun bisa diperluas hingga digunakan untuk melacak perangkat Android maupun iOS yang hilang. Fitur ini juga bisa mengunci perangkat tersebut atau menghapusnya, agar data yang kamu miliki tetap aman.

Soal performa proteksinya, F-Secure Antivirus mendapatkan skor yang bisa dibilang tinggi dari lab tes besar seperti AV-Test. User Interface-nya bisa menjadi nilai tambah, karena mudah digunakan dan ringan tanpa membebani kinerja bahkan untuk komputer lawas sekalipun.

Penutup

Sudah menemukan antivirus yang cocok untuk perangkat komputermu?

Tetap gunakan antivirus original, baik itu free version, trial atau premium version. Antivirus yang kamu dapat dengan crack atau sejenisnya cenderung bisa membahayakan sistem komputermu.

Saya akan mencoba untuk selalu memperbarui artikel ini agar selalu relevan, termasuk jika ada penambahan antivirus lain kedepannya.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu.

Cheers