Mengedit video menggunakan perangkat Android terkadang menjadi solusi yang lebih mudah, karena tidak begitu membutuhkan keahlian dan pengertian khusus mengenai penggunaan aplikasi editor video.

Meski fiturnya tidak selengkap editor video dikomputer, beberapa aplikasi edit video Android sudah dilengkapi dengan kemampuan dasar yang cukup. Bahkan hasilnya bisa dibandingkan dengan editor profesional jika kamu meluangkan waktu lebih lama untuk melakukan editing di Android.

Aplikasi Edit Video Android Terbaik 2019

Dengan banyaknya aplikasi edit video untuk Android di Play Store, sebagian pengguna tentu bingung memilih kandidat terbaik untuk didownload. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ini beberapa aplikasi edit video Android terbaik yang bisa kamu coba.

Daftar dibawah ini tidak diurutkan berdasarkan kualitas atau fiturnya. Kamu disarankan untuk mencobanya sendiri sampai menemukan aplikasi edit video yang sesuai dengan kebutuhanmu.

VideoShow

VideoShow

Sudah diinstall oleh lebih dari 100 juta pengguna, VideoShow mendapatkan berbagai penghargaan yang membuat menjadi salah satu editor video terbaik di Play Store saat ini. Dengan antarmuka yang user-friendly, VideoShow dapat diandalkan dan mudah digunakan. Disamping fitur utamanya, kamu juga bisa memberikan beberapa elemen pada videomu seperti music, effects, text, sound effect, live dubbing dan lain-lain.

Tersedia juga lebih dari 50 tema berbeda yang memudahkan pembuatan video, kamu juga bisa mengurangi ukurannya dengan melakukan kompresi pada video tanpa mengurangi kualitasnya. VideoShow juga tidak memberikan batasan durasi dari video yang kamu proses. Aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis, meski menampilkan iklan dan menawarkan opsi in-app purchase.

Quik

Quik

Quik adalah aplikasi editor video pintar lainnya untuk membuat video. Aplikasi ini cepat, memiliki banyak fitur dan pastinya gratis. Hal menarik dari Quik adalah kemampuannya untuk membaut video secara otomatis. Di Quik fitur dasar seperti effects, text, crop video dan lain-lain juga tersedia.

Setelah proses editing kamu bisa menyimpannya ke dalam format 720p atau 1080p dan bahkan 60fps untuk video yang lebih halus. Kamu juga bisa membagikannya langsung ke sosial media seperti Facebook, Instagram dan lainnya. Quik bisa kamu andalkan sebagai editor video, bahkan aplikasi ini tidak menampilkan iklan maupun opsi in-app purchase didalamnya.

PowerDirector

PowerDirector

Dibuat oleh Cyberlink, PowerDirector merupakan editor video dengan tampilan timeline yang mudah digunakan, tapi mungkin kamu membutuhkan waktu untuk terbiasa menggunakannya. Meski demikian setelah memahami semua fungsinya, kamu bisa membuat video profesional dengan beragam efek dengan cepat. PowerDirector memiliki lebih dari 30 efek dan transisi berbeda untuk diaplikasikan ke videomu.

Di PowerDirector kamu juga bisa membuat video yang memanfaatkan green screen. Untuk pemula, PowerDirector menyediakan tutorial video yang menjelaskan semua fungsinya. Sebagian besar fiturnya bisa kamu gunakan secara gratis, meski begitu melakukan upgrade ke versi berbayar akan menghilangkan ads, watermark dan menambah opsi export video di resolusi 1080p dan 4K.

KineMaster

KineMaster

Aplikasi edit video Android terbaik berikutnya adalah KineMaster, yang terbilang populer dikalangan editor video Android. KineMaster hadir dengan antarmuka yang baik dengan fitur powerful. Kamu bisa melakukan drag & drop dari berbagai media untuk kemudian dimasukan ke timeline. KineMaster memiliki beragam transisi, effect, text dan lain-lain yang bisa kamu gunakan.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Android

Meski demikian, versi gratisnya mengharuskan kamu memiliki watermark dari setiap video yang diexport. Untuk menghilangkannya kamu harus membeli versi berbayar yang merupakan versi profesional dari KineMaster.

VivaVideo

VivaVideo

Selain KineMaster, VivaVideo juga menjadi salah satu aplikasi editor video Android yang sangat populer. Ia dibekali dengan banyak fitur keren seperti effects, filter, sticker, subtitle dan lain-lain. Dengan VivaVideo kamu juga bisa membuat video slow motion dan slideshow dengan mudah. Fitur utama seperti trimming, cutting dan sejenisnya juga bisa dioperasikan dengan mudah.

VivaVideo mengklaim sudah memiliki lebih dari 200 juta pengguna diseluruh dunia. Tidak heran jika produknya menjadi salah satu yang terbaik dibidangnya. Kamu bisa melakukan eksport video dari 720p, 1080p hingga 4k. VivaVideo tersedia gratis, dengan menampilkan iklan dan opsi in-app purchase.

ActionDirector

ActionDirector

ActionDirector Video Editor
ActionDirector Video Editor

Masih menjadi salah satu produk Cyberlink, ActionDirector menawarkan pengeditan video yang bisa kamu lakukan dengan mudah di Android. Fitur seperti membuat video slow motion, trim, cut, menambahkan lagu dan lainnya juga hadir disini.

ActionDirector juga mendukung untuk pengeditan video beresolusi 4K, tentu akan lebih berat dibanding mengedit video beresolusi kecil. Untuk hal ini kamu harus melakukan pengecekan apakah perangkatmu mendukung melalui link yang diberikan developer di deskripsi Play Store mereka.

Funimate

Funimate

Funimate Videoeffekte
Funimate Videoeffekte
Developer: AVCR Inc.
Price: Free+

Jika fun adalah tujuanmu dalam membuat video, maka Funimate bisa mengerjakannya dengan mudah. Aplikasi ini bisa merubah momen menarikmu menjadi video dan membagikannya kebaragam situs sosial media. Ia memiliki lebih dari 100 efek yang didesain dengan sempurna untuk videomu, kamu juga bisa membuat video loop pendek yang menarik dengan Funimate.

Tidak akan ada kesulitan dalam menggunakan fungsi editnya karena didukung dengan antarmuka yang user-friendly. Funimate bisa kamu gunakan secara gratis dengan opsi in-app purchase untuk membeli versi berbayarnya.

FilmoraGo

FilmoraGo

Aplikasi ini dibuat oleh Wondershare, yang juga memiliki produk serupa khusus untuk desktop. FilmoraGo dibekali dengan tema-tema keren yang bisa mempermudah dan menyingkat waktu editing videomu. Ia juga memiliki kemampuan untuk membuat reverse video dan menyesuaikan rasio video sesuai kebutuhanmu, misalnya 1:1 untuk instagram atau 16:9 untuk YouTube.

Fitur penting seperti cut, overlays, music, slow motion dan lain-lain juga tidak lupa dihadirkan didalamnya. FilmoraGo adalah aplikasi gratis yang memiliki opsi in-app purchase untuk menambah fiturnya. Meski demikian, kebanyakan fiturnya bisa kamu gunakan dalam versi gratis.

Penutup

Itulah beberapa aplikasi edit video Android terbaik yang bsia kamu gunakan saat ini, semuanya dilengkai dengan beragam fitur dasar dan tambahan yang menarik. Semuanya gratis dengan opsional pembelian versi berbayar untuk fitur yang lebih banyak lagi.

Saya akan mencoba menambahkan aplikasi editor video lain kedepannya, semoga artikel ini bermanfaat.

Cheers