Kamera pada smartphone saat ini sudah berada dilevel yang hampir menyamai perangkat kamera profesional dalam hal kualitas hasil foto. Sudah cukup banyak perangkat smartphone yang mampu menangkap gambar RAW untuk diproses kembali melalui aplikasi edit foto Android maupun desktop

Banyak orang yang beralih menggunakan kamera smartphone karena kompak sehingga sangat mudah dibawa, umumnya kita hanya perlu memasukannya kedalam kantong celana kita. Jika dayanya lemah, kita hanya perlu menggunakan powerbank yang harganya sangat bervariatif.

Kualitas hasil jepretan kamera smartphone bisa kita lihat melalui spesifikasi diatas kertas serta komponen yang digunakan. Selain itu, sering terjadi faktor software kamera yang digunakan juga menentukan sebagus apa foto yang kita dapatkan.

Aplikasi Kamera Terbaik di Android Tahun 2019

Dibeberapa situasi, aplikasi kamera pihak ketiga yang dibuat oleh developer aplikasi atau didapat dari hasil porting kamera smartphone lain memiliki output gambar yang lebih baik daripada menggunakan aplikasi kamera bawaan.

Selain itu terkadang ada fitur menarik lain yang ditawarkan aplikasi kamera pihak ketiga ini, misalnya sticker, filter warna dan lain-lain. Meski sifatnya hanya opsional, kamu harus mencoba salah satu diantaranya karena mungkin saja terdapat fitur yang sebenarnya kamu butuhkan.

Google Camera Port

Google Camera Port

Image credit: www.xda-developers.com

Pixel phone yang merupakan produk smartphone dari Google memiliki hasil foto yang sangat bagus, hingga mampu bersaing dengan iPhone. Hal ini juga didapat dari aplikasi Google Camera yang dimilikinya.

Beberapa orang mencoba melakukan porting Google Camera untuk bisa digunakan di smartphone lain, dan hasilnya memang cukup menarik. Beberapa smartphone yang bisa menjalankan Google Camera mengalami peningkatan hasil foto, bahkan untuk mode malam yang umumnya memiliki banyak noise.

Berbeda dengan aplikasi kamera pihak ketiga yang bisa diinstall dengan mudah, Google Camera mungkin akan memerlukan beberapa langkah yang lebih rumit untuk diinstall. Dan tidak ada yang menjamin ia akan berjalan dengan lancar untuk setiap smartphone.

Camera FV-5

Camera FV-5

Camera FV-5 Lite
Camera FV-5 Lite
Developer: FGAE
Price: Free

Camera FV-5 terkenal sebagai aplikasi kamera terbaik di Android karena memberikan kemudahan pada penggunanya untuk mengontrol seluruh elemen didalam kamera tersebut secara manual, yang mungkin tidak tersedia di aplikasai kamera bawaan ponsel.

Beberapa opsi yang ditawarkan antara lain, white balance, exposure, focus, speed shutter dan lain-lain. Lalu kamu diberikan pilihan hasil output gambar berupa RAW, lossless PNG dan RGB histogram yang tentunya akan memberikan opsi editing yang lebih luas.

Karena berupa aplikasi, terkadang beberapa fiturnya tidak didukung oleh hardware kamera ponsel tersebut dan menyebabkan hasilnya tidak sesuai yang diinginkan.

Camera MX

Camera MX

Camera MX - Foto & Video Kamera
Camera MX - Foto & Video Kamera
Developer: MAGIX
Price: Free+

Camera MX adalah aplikasi kamera yang umurnya relatif tua, namun secara konsisten mendapatkan update. Ia memiliki antarmuka yang simpel dan mudah digunakan dengan banyak fitur menarik seperti filter dan lainnya.

Pengaturan kamera seperti pilihan resolusi yang ditawarkan sangat lengkap, tergantung dengan kemampuan asli hardware kamera ponselmu. Fitur dasar seperti metadata EXIF, zoom, lampu flash juga hadir pada Camera MX.

Yang menarik di aplikasi Camera MX, kamu bisa membuat gambar GIF-mu sendiri. Aplikasi ini juga sudah memiliki foto editor sendiri sehingga kamu tidak perlu melakukan export foto ke aplikasi lain untuk melakukan pengeditan.

Footej Camera

Footej Camera

Footej Camera
Footej Camera
Developer: Semaphore Inc.
Price: Free+

Footej Camera mengambil keuntungan dari Camera 2API, yang artinya ia memiliki semua kontrol manual yang kamu butuhkan seperti white balance, ISO, exposure, fokus dan lain-lain.

Untuk fitur hiburan yang dimilikinya mungkin hanya membuat GIF. Namun untuk fitur yang lebih advance terdapat opsi slow motion video recording dan RAW format.

Aplikasi Footej Camera bisa kamu gunakan gratis, dan mereka juga tidak menampilkan iklan apapun didalam aplikasinya. Hanya saja untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap kamu bisa membeli versi premium melalui opsi in-app purchase yang disediakan.

Open Camera

Open Camera

Open Camera
Open Camera
Developer: Mark Harman
Price: Free

Aplikasi kamera terbaik di Android selanjutnya adalah Open Camera, yang merupakan aplikasi gratis dan open source. Didalamnya sudah ada beberapa fitur seperti auto-stabilization dan kontrol manual untuk ISO, exposure, white balance dan lainnya.

Terdapat juga fitur remote yang memungkinkan kamu untuk mengambil foto tanpa perlu menyentuk layar ponselmu. Aplikasi ini terbilang powerful dan mudah digunakan sesuai dengan keperluanmu.

Kelebihan lainnya adalah open source, sehingga bisa menggunakan semua fiturnya secara gratis tanpa iklan dan opsi in-app purchase sama sekali. Alternatif yang lumayan menggiurkan bukan?

Cymera

Cymera

Cymera memiliki jumlah install yang mencapai angka 100 juta di Google Play Store, mungkin tepat jika memasukannya menjadi salah satu aplikasi kamera terbaik di Android saat ini. Dibanding untuk mendapatkan gambar yang profesional, Cymera menawarkan hasil foto yang unik dan cocok untuk update Instagram melalui 7 macam lensa yang ditawarkannya.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Android

SK Communications selaku developer memasukan beragam opsi edit seperti filter, sticker, kolase dan lain-lain kedalam aplikasinya agar lebih menarik. Untuk kamu yang suka foto dan melakukan editing ringan sebelum diupload, coba gunakan Cymera.

VSCO

VSCO

VSCO
VSCO
Developer: VSCO
Price: Free+

Aplikasi ini sudah beredar cukup lama dan sempat menjadi tren dikalangan pengguna smartphone karena fitur yang ditawarkannya. Mirip seperti Cymera, VSCO juga menyediakan banyak filter, preset dan opsi editing menarik lainnya.

Terdapat pual menu jelajah foto, dimana kamu bisa melihat hasil edit orang lain untuk dijadikan inspirasi baik saat mengambil atau mengedit foto. VSCO bisa kamu gunakan secara gratis tanpa adanya iklan, sedangkan jika ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap kamu bisa mencoba opsi in-app purchase yang mereka tawarkan.

Camera360

Camera360

Camera360
Camera360
Developer: PinGuo Inc.
Price: Free+

Sama seperti VSCO, Camera360 sangat populer dan sempat booming pada masanya. Kamu bisa mengaplikasikan effects secara langsung saat mengambil gambar. Meski demikian aplikasi ini tidak begitu intuitif dan mungkin kamu akan sedikit kesulitan saat pertama kali menggunakannya.

Fitur yang dimilikinya termasuk motion stickers, photo gallery, photo editor, exquisite filters dan banyak lagi lainnya. Langsung coba saja aplikasi gratis ini dan tentukan apakah cocok untuk kebutuhanmu atau tidak.

Candy Camera

Candy Camera

Selanjutnya ada Candy Camera, aplikasi pihak ketiga yang memiliki banyak fitur untuk mempercantik fotomu. Aplikasi ini mungkin akan sering digunakan untuk selfi, dimana terdapat banyak opsi beautify atau make up untuk wajahmu.

Kamu juga bisa mengambil foto secara silent dan membuat kolase dari beberrapa foto. Meski tidak bisa memuaskan fotografer, Candy Camera mungkin akan sangat menarik untuk pecinta selfi. Candy Camera bisa kamu gunakan secara gratis, dengan menampilkan iklan didalam aplikasi.

Camera ZOOM FX

Camera ZOOM FX

Camera ZOOM FX - FREE
Camera ZOOM FX - FREE
Developer: androidslide
Price: Free

Kembali ke aplikasi kamera terbaik di Android untuk profesional, ada Camera ZOOM FX yang kaya akan fitur untuk fotografi. Terdapat fitur action shots, stable shots, photo compsition, photo filters dan banyak lagi.

Terdapat juga kontrol manual seperti RAW capture, ISO, shutter speed, combine shooting mdoers, focus distance dan lain-lain. Aplikasi ini menawarkan sangat banyak fitur menarik untuk kamu yang tertarik dengan fotografi ponsel.

Baca juga: Situs Edit Foto Online Terbaik

Camera ZOOM FX bisa kamu gunakan secara gratis tanpa iklan, tentu akan memberikan kesan yang lebih profesional. Namun untuk fitur yang lebih lengkap kamu bisa mempertimbangkan membeli versi berbayar dengan harga Rp 56.000 saja.

Z Camera

Z Camera

Z Camera adalah aplikasi kamera elegan yang dilengkapi dengan banyak opsi editor dan filter. Antarmukanya juga cukup user-friendly sehingga akan mudah digunakan bahkan untuk pengguna baru.

Di aplikasi ini kamu bisa melihat preview dari filter yang kamu gunakan sebelum mengambil foto atau video. Fitur lain yang dimilikinya seperti HDR, photo editor, beuty selfie, private gallery dan lain-lain.

Update terbaru dari Z Camera memungkinkan sudah mendukung AR stickers, hairstyle editor, swap face features, muscle building, 3D tattoo effects dan banyak lagi lainnya. Z Camera tersedia gratis, dengan menawarkan opsi in-app purchase.

Penutup

Itulah daftar aplikasi kamera terbaik di Android 2019. Masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing serta peruntukannya. Menurut pengalaman saya Camera FV-5 menjadi alternatif yang baik untuk mendapatkan mode manual yang lebih banyak.

Tentu kamu bisa mengeksplore sendiri masing-masing aplikasi sesuai kebutuhanmu, apakah untuk fotografi ponsel profesional atau sekedar mempercantik foto selfimu.

Aplikasi mana yang paling cocok untukmu?

Saya akan mencoba melakukan update secara berkala untuk artikel ini kedepannya, semoga bermanfaat.

Cheers