Suka dengerin musik baik dikomputer ataupun di smartphone?

Jika suka kamu mungkin pernah berpikir untuk mencari aplikasi pemutar musik yang lebih baik daripada bawaan smartphone atau sistem operasi komputermu.

Ya, memang terkadang music player bawaan memiliki kekurangan fitur yang sebenarnya sangat esensial untuk memutar musik.

Saya sendiri punya pengalaman salah satu pemutar musik bawaan Android yang ternyata tidak bisa membaca musik dengan format FLAC, alhasil file musik saya tidak bisa saya temukan dan saya menyadari hal ini karena music playernya tidak mendukung format tersebut.

Parah kan?

Untuk kamu yang punya pengalaman sama atau hanya ingin mencari pemutar musik yang lebih baik, kali ini saya memberikan beberapa rekomendasi pemutar musik terbaik untuk smartphone dan komputer, online dan offline.

Aplikasi Pemutar Musik Terbaik untuk Komputer

Yang pertama kita mulai dari aplikasi pemutar musik untuk komputer terlebih dahulu.

Musik player bawaan OS biasanya sudah cukup mumpuni, namun mungkin fiturnya kurang dan tampilannya yang sangat sederhana membuat kita ingin mencoba music player pihak ketiga lainnya.

Aplikasi yang saya ulas dibawah adalah aplikasi pemutar musik selain bawaan sistem operasi seperti Windows Media Player untuk Windows.

Foobar2000

Aplikasi Pemutar Musik Foobar2000

Sebagai sebuah aplikasi pemutar musik, Foobar2000 sudah memiliki sangat banyak pengguna yang menyukainya.

Aplikasi ini memiliki desain yang sederhana namun modular yang bisa kamu kustomisasi sesuai dengan kebutuhan. Foobar2000 hadir untuk seri Windows XP sampai ke versi terbaru, termasuk juga untuk Android dan iOS.

Saat pertama kali melihat tampilannya mungkin kamu akan berpikir bahwa Foobar 2000 adalah aplikasi pemutar musik ketinggalan jaman yang kekurangan fitur esensial. Tapi jangan menilai buku dari sampulnya.

Foobar2000 mendukung sangat banyak format file audio seperti MP3, AAC, OGG, WMA, WAV, Opus, Speex dan lain-lain. Ia juga mendukung fitur import meta otomatis, CD ripping dan akses ke file yang terkompresi dengan format ZIP, GZIP, 7z dan lainnya.

Selain itu kamu juga diberikan beragam shortcut keyboard untuk beragam fungsi yang tentunya bisa dikustomisasi sesuai keinginanmu.

Download Foobar2000

Dopamine

Aplikasi Pemutar Musik Dopamine

Kalo kamu suka tampilan music player yang simpel dengan tema gelap, Dopamine ini cocok banget.

Saat proses instalasi kamu diminta memilih folder musik, jadi saat prosesnya selesai kamu siap memainkan musik favoritmu. Sepele memang, tapi tanpa dirasa hal seperti ini menghemat waktu kita mengimport semua musik ke music player yang baru kita install.

Tata letak Songs, Artists, Albums dan lainnya yang kamu dapat di Dopamine sangat mudah dimengerti dan digunakan. Opsi pemutaran musik dan pengaturannya ditempatkan sedemikian rupa sehingga kamu tidak akan kebingungan jika ingin melakukan sesuatu, misalnya mengatur Shuffle.

Kamu juga tidak perlu khawatir mengenai dukungan file audio, Dopamine sudah mendukung sebagian besar seperti MP3, FLAC, WMA, OGG, M4A, APE, WAV dan OPUS. Sedangkan untuk kompabilitas sistem operasi, Dopamin hanya mendukung Windows 10 saja.

Download Dopamine

AIMP

Aplikasi Pemutar Musik AIMP

Jika tampilan menjadi tolak ukur yang cukup krusial untuk kamu, mungkin AIMP bisa jadi pilihan yang paling tepat.

Sebagai music player AIMP memang menawarkan fitur dan tampilan yang menarik serta bisa dikustomisasi dengan skin yang ada.

AIMP juga sudah mendukung format audio yang banyak digunakan hingga saat ini, jadi kamu tidak perlu khawatir. Didalamnya kamu juga bisa menemukan fitur lain seperti sleep timer, audio converter dan alarm yang bisa membangunkan komputermu dari mode sleep.

Selain bisa digunakan di Windows, AIMP juga baru saja meluncurkan versi Android untuk mobile. Music player ini layak kamu coba di smartphone sebagai pengganti music player bawaan OS mu.

Download AIMP

MusicBee

Aplikasi Pemutar Musik MusicBee

MusicBee masuk kedalam daftar rekomendasi saya sebagai salah satu music player yang layar kamu coba. Hampir berumur satu dekade, Musicbee mendukung sistem operasi Windows 7 sampai versi terbaru dan tersedia di Microsoft Store.

Meski ukuran filenya terbilang kecil, tampilannya terlihat modern dan tentunya user friendly. Soal warna kamu juga bisa menyesuaikannya dengan mengganti skin melalui opsi yang tersedia di pengaturan MusicBee.

Seperti mucic player lainnya, file audio-mu akan tertata rapi sesuai artists dan albums setelah kamu selesai melakukan proses import.

Sedangkan beberapa format audio yang didukung MusicBee antara lain MP3, FLAC, WMA, AAC, WAV, OGG, TAK dan lain-lain. Metadata setiap file audio-mu akan ditampilkan selengkap mungkin dibagian Track Information.

Download MusicBee

MediaMonkey

Aplikasi Pemutar Musik MediaMonkey

Alternatif music player lain yang bisa kamu coba adalah MediaMonkey.

MediaMonkey akan membantumu merapikan koleksi file audio dengan mudah hanya dengan melakukan import file musik.

Tampilannya memang terlihat sederhana dan sedikit jadul, namun didukung dengan beberapa fitur menarik seperti tag file audio otomatis, convert audio, menghapus durasi diam pada awal dan akhir musik dan lainnya.

MediaMonkey sendiri memiliki versi berbayar dengan sifat sekali bayar bernama MediaMonkey Gold dengan beberapa kelebihan fitur. Namun untuk kebutuhan mendengarkan musik harian saja, versi gratisnya sudah lebih dari cukup untuk kamu gunakan.

Download MediaMonkey

Aplikasi Pemutar Musik Online

Kategori kedua adalah pemutar musik online, yang kebanyakan maksudnya adalah platform streaming dengan dukungan aplikasi untuk komputer maunpun mobile.

Karena merupakan platform streaming, kamu akan membutuhkan akses internet dari kuota data atau wifi untuk bisa mendengarkan musik.

Berikut beberapa diantaranya:

Spotify

Didirikan tahun 2006, Spotify adalah layanan streaming musik, podcast dan video gratis atau berbayar asal Swedia.

Spotify menggunakan format audio Ogg Vorbis dengan bit rate 320Kbps yang secara data bisa menyajikan musik yang berkualitas, meski saya sendiri tidak terlalu jeli melihat perbedaannya saat mendengarkan lagu dengan Spotify.

Kamu bisa menggunakan Spotify secara gratis baik melalui aplikasi Android, iPhone, Windows maupun browser. Hanya saja versi gratis terdapat iklan yang biasanya muncul saat kamu memutar lagu dan tidak terdapat fitur memilih lagu yang kamu ingin dengarkan.

Di Indonesia Spotify dihargai sekitar Rp 50.000 sampai Rp 55.000 perbulan dengan dukungan pembayaran kartu krediit dan pulsa.

Joox

JOOX Music - Live and Karaoke
JOOX Music - Live and Karaoke
  • JOOX Music - Live and Karaoke Screenshot
  • JOOX Music - Live and Karaoke Screenshot
  • JOOX Music - Live and Karaoke Screenshot
  • JOOX Music - Live and Karaoke Screenshot
  • JOOX Music - Live and Karaoke Screenshot
  • JOOX Music - Live and Karaoke Screenshot
  • JOOX Music - Live and Karaoke Screenshot
  • JOOX Music - Live and Karaoke Screenshot
  • JOOX Music - Live and Karaoke Screenshot
  • JOOX Music - Live and Karaoke Screenshot
  • JOOX Music - Live and Karaoke Screenshot
  • JOOX Music - Live and Karaoke Screenshot
  • JOOX Music - Live and Karaoke Screenshot
  • JOOX Music - Live and Karaoke Screenshot
  • JOOX Music - Live and Karaoke Screenshot
The app was not found in the store. 🙁

Siapa sih yang ngga tau Joox?

Meskipun terbilang baru karena berdiri pada tahun 2015 lalu, Joox sudah memiliki sangat banyak pengguna setiap di Indonesia. Hal ini mungkin juga karena promosi yang cukup gencar dilakukan diberbagai media.

Untuk pengguna Indonesia, koleksi lagu Joox mungkin sudah terbilang lengkap. Terlebih kamu bisa menampilkan lirik lagu didalam aplikasinya sembari mendengarkan lagu, fitur yang menarik memang.

Kamu bisa menggunakan layanan streaming musik Joox secara gratis baik di Android, iOS maupun komputer. Namun tentunya ada keterbatasan seperti adanya iklan, tidak bisa mendengarkan lagu saat offline, kualitas musik belum Hi-Fi dan koleksi lagu yang tidak sebesar versi VIP.

Untuk biaya berlangganannya sekitar Rp 50.000 perbulan, dengan opsi langganan per 3 bulan dan pertahun yang bisa kamu pilih. Kamu juga bisa mencoba berlangganan dengan harga sedikit lebih murah untuk bulan pertama, langsung cek situs resminya untuk melihat beragam promo yang ada.

Tidal

Mungkin banyak diantara kamu yang baru pertama kali mendengar Tidal.

Tidal sendiri adalah layanan streaming musik, video dan podcast yang menggabungkan high definition music video dan lossless audio. Simpelnya Tidal memiliki layanan streaming musik dengan audio berkualitas tinggi.

Platform ini didirikan pada tahun 2014 lalu dengan dukungan aplikasi pada sistem operasi Windows, Android, MacOS dan iOS serta perangkat Amazon.

Meskipun memiliki kualitas audio Hi-Fi, Tidal belum tersedia untuk wilayah Indonesia. Mungkin kamu perlu akses menggunakan VPN untuk mencoba mendengarkan lagu dari Tidal dan menggunakan jasa pihak ketiga untuk membeli layanannya.

Deezer

Sama seperti sebelumnya, Deezer juga merupakan platform streaming musik gratis dan berbayar yang memungkinkan kamu mendengarkan konten musik dari beragam label rekaman ternama.

Untuk beberapa lagu yang saya suka koleksi Deezer bisa saya bilang cukup lengkap, dan karena kamu bisa mencobanya gratis mungkin kamu bisa cek sendiri apakah genre lagu favoritmu ada di Deezer.

Deezer sendiri bisa kamu gunakan melalui aplikasi di Windows, MacOS, iOS, Android dan melalui browser dari beragam perangkat.

Biaya berlangganan bulanan Deezer sekitar Rp 50.000, tidak jauh berbeda dari beberapa platform streaming kebanyakan dengan kualitas audio yang tidak kalah bagusnya.

Soundcloud

The app was not found in the store. 🙁

Nah kalo platform streaming musik yang satu ini pasti kamu sudah tidak asing lagi.

Soundcloud berdiri pada tahun 2007 di Swedia dan menjadi platform streaming dan distribusi musik untuk berbagai tujuan.

Selain memiliki koleksi musik dan podcast, di Soundcloud kamu bisa mengunggah sendiri musikmu dengan memiliki akun Soundcloud yang bisa kamu buat secara gratis.

Aplikasi Pemutar Music Android & iOS

Di kategori terakhir ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi pemutar musik untuk Android dan iOS yang bisa kamu coba.

Untuk opsi iOS mungkin akan lebih sedikit karena music player bawaan iPhone sudah cukup mumpuni untuk memutar beragam format audio.

AIMP

AIMP
AIMP
Developer: Artem Izmaylov
Price: Free
  • AIMP Screenshot
  • AIMP Screenshot
  • AIMP Screenshot
  • AIMP Screenshot
  • AIMP Screenshot
  • AIMP Screenshot
  • AIMP Screenshot
  • AIMP Screenshot
  • AIMP Screenshot
  • AIMP Screenshot
  • AIMP Screenshot
  • AIMP Screenshot

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, AIMP baru-baru ini meluncurkan versi Android untuk aplikasi pemutar musik mereka.

Bisa didownload secara gratis, AIMP untuk Android hadir dengan desain antarmuka yang flat dan simpel. Hal ini akan memudahkan kamu untuk mendengarkan musik tanpa terganggu dengan tampilannya.

Sama seperti versi Windows-nya, AIMP untuk Android bisa menjalankan hampir semua format audio yang ada saat ini termasukk lossy dan lossless.

JetAudio

jetAudio HD Music Player
jetAudio HD Music Player
Developer: Team Jet
Price: Free+
  • jetAudio HD Music Player Screenshot
  • jetAudio HD Music Player Screenshot
  • jetAudio HD Music Player Screenshot
  • jetAudio HD Music Player Screenshot
  • jetAudio HD Music Player Screenshot
  • jetAudio HD Music Player Screenshot
  • jetAudio HD Music Player Screenshot
  • jetAudio HD Music Player Screenshot
  • jetAudio HD Music Player Screenshot
  • jetAudio HD Music Player Screenshot
  • jetAudio HD Music Player Screenshot
  • jetAudio HD Music Player Screenshot
  • jetAudio HD Music Player Screenshot
  • jetAudio HD Music Player Screenshot
  • jetAudio HD Music Player Screenshot
  • jetAudio HD Music Player Screenshot
  • jetAudio HD Music Player Screenshot
  • jetAudio HD Music Player Screenshot
  • jetAudio HD Music Player Screenshot
  • jetAudio HD Music Player Screenshot
  • jetAudio HD Music Player Screenshot
  • jetAudio HD Music Player Screenshot
  • jetAudio HD Music Player Screenshot

JetAudio memiliki versi gratis dan premium, meski demikian versi gratis JetAudio sudah memberikan banyak fitur esensial yang sudah lebih dari cukup. Kekurangan versi gratis ini hanyalah adanya iklan didalamnya, namun iklannya tidak mengganggu dan masih bisa ditoleransi.

Di aplikasi ini kamu mendapat 10 band equalizer dengan 32 presets, lossy dan lossless support, automatic gain control, effects dan banyak lagi lainnya.

Kamu bisa mencoba versi gratisnya sebelum membeli versi premium. Jika cocok, versi premium bisa kamu beli di Play Store seharga Rp 57.000 yang datang dengan 20 band equalizer, beragam widget dan fitur menarik lainnya.

Poweramp

Poweramp
Poweramp
Developer: Max MP
Price: Free
  • Poweramp Screenshot
  • Poweramp Screenshot
  • Poweramp Screenshot
  • Poweramp Screenshot
  • Poweramp Screenshot
  • Poweramp Screenshot
  • Poweramp Screenshot
  • Poweramp Screenshot
  • Poweramp Screenshot
  • Poweramp Screenshot
  • Poweramp Screenshot
  • Poweramp Screenshot
  • Poweramp Screenshot
  • Poweramp Screenshot
  • Poweramp Screenshot
  • Poweramp Screenshot
  • Poweramp Screenshot
  • Poweramp Screenshot

Poweramp sudah menjadi music player Android yang banyak direkomendasikan pecinta musik.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur penting seperti support hi-res output, gapless smoothing, internal 64bit processing dan banyak lagi lainnya.

Di Play Store kamu bisa mencoba Poweramp secara gratis dalam bentuk Trial. Jika kamu menyukai Poweramp, versi premium hanya dihargai sekitar Rp 43.000 saja. Investasi yang sangat murah untuk sebuah music player dengan segudang fitur.

Pulsar

Pulsar Musik-Spieler
Pulsar Musik-Spieler
  • Pulsar Musik-Spieler Screenshot
  • Pulsar Musik-Spieler Screenshot
  • Pulsar Musik-Spieler Screenshot
  • Pulsar Musik-Spieler Screenshot
  • Pulsar Musik-Spieler Screenshot
  • Pulsar Musik-Spieler Screenshot
  • Pulsar Musik-Spieler Screenshot
  • Pulsar Musik-Spieler Screenshot
  • Pulsar Musik-Spieler Screenshot
  • Pulsar Musik-Spieler Screenshot
  • Pulsar Musik-Spieler Screenshot

Jika kamu membutuhkan pemutar musik yang ringan, Pulsar mungkin bisa menjadi pilihan paling tepat.

Pulsar memiliki tampilan yang menarik dan pastingan sangat ringan digunakan, bahkan untuk perangkat smartphone lawas.

Aplikasi ini hadir dengan varian gratis dan berbayar yang bisa kamu download di Play Store. Kamu bisa mencoba versi gratis terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli Pulsar Pro diharga Rp 45.000

doubleTwist

Untuk kamu yang masih mencari alternatif music player lainnya, coba cek doubleTwist.

Aplikasi ini bisa menjadi pemutar musik sesuai kebutuhanmu, diversi gratisnya memang masih menampilkan iklan.

Namun kalau kamu menyukai doubleTwist, saat artikel ini ditulis developernya sedang memberikan diskon menjadi Rp 10.000 saja.

Neutron Music Player

Neutron Music Player
Neutron Music Player
Price: 7,49 €
  • Neutron Music Player Screenshot
  • Neutron Music Player Screenshot
  • Neutron Music Player Screenshot
  • Neutron Music Player Screenshot
  • Neutron Music Player Screenshot
  • Neutron Music Player Screenshot
  • Neutron Music Player Screenshot
  • Neutron Music Player Screenshot
  • Neutron Music Player Screenshot
  • Neutron Music Player Screenshot
  • Neutron Music Player Screenshot
  • Neutron Music Player Screenshot
  • Neutron Music Player Screenshot
  • Neutron Music Player Screenshot
  • Neutron Music Player Screenshot
  • Neutron Music Player Screenshot
  • Neutron Music Player Screenshot
  • Neutron Music Player Screenshot
  • Neutron Music Player Screenshot
  • Neutron Music Player Screenshot
  • Neutron Music Player Screenshot
  • Neutron Music Player Screenshot
  • Neutron Music Player Screenshot
  • Neutron Music Player Screenshot

Meski tampilannya terlihat sedikit usang, Neutron Music Player adalah salah satu pemutar musik terbaik yang ada. Aplikasi ini akan memberikan kesan suara output yang lebih profesional, mungkin jika kamu memang audiophile kamu bisa menyadari perbedaannya.

Hal ini memang dikatakan sendiri oleh developernya melalui deskripsi halaman Play Store mereka, dimana mereka mengatakan bahwa aplikasi ini di kembangkan untuk para audiophile.

Tidak seperti pemutar musik lainnya, kamu tidak bisa menemukan versi gratis atau trial sehingga kamu hanya bisa membelinya seharga Rp 96.000. Cukup mahal memang, berminat?

Caesium Music Player

‎Cs Music Player
‎Cs Music Player
Developer: Mike Clay
Price: 3,49 €+
  • ‎Cs Music Player Screenshot
  • ‎Cs Music Player Screenshot
  • ‎Cs Music Player Screenshot
  • ‎Cs Music Player Screenshot
  • ‎Cs Music Player Screenshot
  • ‎Cs Music Player Screenshot
  • ‎Cs Music Player Screenshot
  • ‎Cs Music Player Screenshot
  • ‎Cs Music Player Screenshot
  • ‎Cs Music Player Screenshot

Caesium Music Player adalah salah satu pemutar musik iPhone yang memiliki tampilan simpel namun penuh fungsi. Beberapa fitur yang dimilikinya seperti custome themes, customizable tabs, shuffle, reorder dan banyak lagi lainnya.

TapTunes

‎TapTunes
‎TapTunes
Developer: David Blundell
Price: 2,29 €+
  • ‎TapTunes Screenshot
  • ‎TapTunes Screenshot
  • ‎TapTunes Screenshot
  • ‎TapTunes Screenshot
  • ‎TapTunes Screenshot
  • ‎TapTunes Screenshot
  • ‎TapTunes Screenshot
  • ‎TapTunes Screenshot

Alternatif lain yang bisa kamu gunakan adalah TapTunes. Aplikasi ini dikembangkan oleh David Blundell untuk memutar musik favoritmu.

Disini kamu bisa beralih antara musik, audiobooks dan podcast dengan sangat mulus sesuai keinginanmu.

Vox Music Player

Fokus pada antarmuka yang mulus dan intuitif, Vox Music Player adalah salah satu pemutar musik iPhone terbaik yang bisa kamu coba. Aplikasi ini mendukung banyak gesture layar untuk play/pause dan mengubah musik yang sedang berjalan.

Selain bisa memutar file musik dari penyimpanan lokal, kamu juga bisa menghubungkan Spotify, LastFM dan Soundcloud ke VoX Music Player sehingga kamu bisa menikmati musik favoritmu dari satu aplikasi.

Penutup

Oke itulah beberapa aplikasi pemutar musik offline dan online yang bisa kamu coba.

Tentu saya akan mencoba memperbarui daftar yang ada jika menemukan opsi lain yang layak kamu ketahui kedepannya.

Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan dikolom komentar.

Semoga artikel ini bermanfaat buatmu.

Cheers!