Kamu pasti sering menonton video secara offline, misalnya menonton film atau kartun yang baru kamu download.

Untuk menontonnya kamu pasti membutuhkan aplikasi pemutar video baik di pc maupun android, apalagi kalau kamu membutuhkan subtitle.

Setiap perangkat baik pc maupun smartphone sudah pasti dibekali dengan pemutar video, hanya saja terkadang kekurangan banyak fitur esensial yang dibutuhkan pengguna.

Karenanya menggunakan video player dari pihak ketiga menjadi opsi paling tepat karena kamu akan mendapatkan fitur yang lebih lengkap dari aplikasi bawaan.

Aplikasi Pemutar Video Terbaik

Saya sudah merangkum beberapa aplikasi pemutar video terbaik untuk komputer maupun smartphone yang bisa kamu coba.

Aplikasi Pemutar Video di Komputer

Simak beberapa aplikasi video player rekomendasi saya dibawah ini, baik untuk kamu pengguna Windows maupun Mac.

VLC Media Player

VLC Media Player

VLC Media Player adalah salah satu aplikasi pemutar video open source terbaik yang bisa kamu gunakan. Dibuat oleh VideoLAN, VLC Media Player mendukung beragam format file video populer saat ini.

Aplikasi ini memiliki antarmuka yang simpel dan mudah dimengerti. Kamu juga bisa melakukan banyak kustomisasi sesuai dengan kebutuhanmu.

Selain untuk menonton video, VLC Media Player juga bisa kamu gunakan sebagai media streaming dari situs video seperti YouTube.

VLC Media Player selalu mendapatkan update versi terbaru dengan tambahan fitur yang diperlukan dan aplikasi ini bisa berjalan di Windows 10 sampai Windows XP SP3. Install saja sesuai dengan versi Windowsmu.

Supported Platforms: Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8.1, Windows 10

GOM Media Player

GOM Media Player

GOM atau Gretech Online Movie Player bisa menjadi pilihan alternatif untuk video player gratis untuk Windows.

Saya sendiri sudah cukup lama menggunakan GOM untuk menonton video maupun film yang saya download karena penggunaannya yang mudah dan mendukung beragam format file.

Aplikasi ini bukan open source, dibuat oleh perusahaan asal Korea Selatan yang menampilkan iklan dan versi berbayar dari GOM sebagai sumber pendapatan. Jadi bisa dibilang kekurangannya adalah iklan yang kadang muncul.

Terlepas dari adanya iklan, GOM memiliki fitur esensial seperti GOM Codec Finder yang akan membantumu mencari codec yang hilang.

Kamu juga bisa mendownload beragam subtitle dari direktori yang dimiliki GOM atau menggunakan subtitle yang sudah kamu download dari situs lain. Untuk menggunakannya cukup drag and drop di layar GOM yang sedang menampilkan film atau video.

Supported Platforms: Windows 7, Windows 8.1, Windows 10

Potplayer

Potplayer

Sama seperti GOM, Potplayer dibuat di Korea Selatan oleh perusahaan bernama Kakao. Video player yang satu ini juga memperoleh reputasi yang baik meski bersaing dengan pemutar video gratis lain seperti VLC.

Potplayer menyediakan banyak fitur dan spesialisasi untuk penggunanya. Kamu bisa melakukan beragam kustomisasi pada opsi yang tersedia sesuai dengan kebutuhanmu.

Menggunakan teknik seperti QuickSync, DXVA dan CUDA, Potplayer bisa memberikan performa maksimal dengan ringan. O ya, disini kamu tidak akan menemukan iklan apapun, jadi tidak ada hal mengganggu saat digunakan.

Jika kamu mencoba mengganti VLC Media Player, mungkin memilih Potplayer menjadi pilihan yang tepat.

Supported Platforms: Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8.1, Windows 10

Media Player Classic – Home Cinema

Media Player Classic - Home Cinema

Jika kamu sudah lama menggunakan komputer berbasis Windows, pasti tidak asing lagi dengan aplikasi pemutar video yang satu ini.

Media Player Classic memang sudah beredar cukup lama sebagai video player open source yang didevelope dengan cukup baik, membuatnya memiliki sangat banyak pengguna.

Untuk memutar file video kebanyakan, tidak ada yang perlu diragukan lagi dari aplikasi ini. Tampilannya cukup sederhana dengan fitur-fitur esensial yang lengkap.

Meski hanya bisa digunakan di Windows, Media Player Classic mendukung semua versi sistem operasi Windows yang mungkin masih digunakan hingga saat ini.

Sayangnya aplikasi ini sudah mencapai perjalanan terakhirnya, projek berusia 11 tahun ini sudah resmi ditutup oleh developer resminya bersamaan dengan update versi 1.7.13 pada Juli 2017 lalu.

Meski begitu kamu tetap bisa menggunakan Media Player Classic untuk saat ini hingga beberapa waktu kedepan, selama tidak muncul bug fatal tentunya.

Supported Platforms: Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8.1, Windows 10

KM Player

KM Player

KM Player adalah pemutar video terbaik untuk Windows 10 lainnya, yang bisa memutar hampir semua file video dan audio kebanyakan. Video player ini sudah memiliki codec untuk Windows 10, jadi kamu tidak perlu mencari codec lainnya.

KM Player mendukung format file 3D, 4K dan UHD sesuai dengan file yang kamu miliki untuk menikmati video dengan kualitas terbaik.

Sebagai pengguna, kamu juga bisa melakukan remap pada keyboard untuk opsi-opsi yang mungkin kamu butuhkan sehingga lebih mudah dijangkau.

Supported Platforms: Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8.1, Windows 10

ACG Player

ACG Player

Jika kamu membutuhkan UWP media player untuk Windows 10 dengan tampilan simpel, kamu harus mencoba ACG Player. Aplikasi pemutar video ini menjadi salah satu rekomendasi saya karena sangat ringan digunakan.

ACG Player sudah dilengkapi dengan fitur esensial untuk sebuah pemutar video, seperti audio dan video effects, music visualizer, art font subtitle, background music, gesture control dan banyak lagi lainnya.

Sayangnya, ditampilannya yang simpel kamu akan mendapati sedikit iklan. Namun jika kamu cocok dengan ACG Player dan ingin menghilangkannya, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 53.000 sekali bayar.

Supported Plafroms: Windows 10

5K Player

5K Player

Image credit: fossbytes.com

Lebih dari sekedar pemutar video biasa, 5K Player mampu memutar video hingga resolusi 8K. Meski masih jarang source file sebesar ini, namun fitur yang disediakannya terdengar menjanjikan bukan?

5K Player sendiri memiliki tampilan yang sederhana dan modern, sama mudahnya digunakan seperti video player lainnya. Warna default aplikasi ini adalah hitam, jadi sangat pas buat kamu yang lebih menyukai dark mode theme untuk setiap aplikasi.

Opsi pengaturan yang dimilikinya pun terbilang lengkap, jika kamu memerlukan video player hanya untuk menonton film dijamin sudah sangat mumpuni tanpa kekurangan. Kamu bisa merubah source audio hingga inpu subtitle yang sudah kamu download sebelumnya.

5K Player adalah aplikasi pemutar video gratis, menjadi poin minus karena terkadang kamu akan menemukan iklan sebagai sumber pendapatan developernya. Namun saya pikir ini adalah hal yang wajar dan tidak terlalu mengganggu.

Supported Platforms: Windows 7, Windows 8.1, Windows 10

Aplikasi Pemutar Video Smartphone

Saat dalam keadaan mobile dan tidak mungkin menggunakan laptop, smartphone adalah pilihan pasti untuk menonton video atau film secara offline.

Benar bukan?

Setiap smartphone memang sudah dilengkapi dengan pemutar video, namun biasanya tidak memiliki fitur lengkap untuk kebutuhan menonton film.

Nah berikut ini beberapa aplikasi pemutar video untuk Android dan iOS yang bisa kamu coba sebagai pengganti video player bawaan.

Aplikasi Pemutar Video untuk Android

MX Player

MX Player

MX Player jadi salah satu aplikasi video player terfavorit untuk pengguna Android. Ia memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan. MX Player mendukung banyak format file video yang sering digunakan saat ini.

Terlebih lagi MX Player memiliki beragam fitur berguna seperti subtitle, zoom in/out untuk merubah ukuran font, gesture controls dan lain-lain.

Kamu juga bisa mengunci layar saat menonton video untuk menghindari sentuhan layar yang tidak disengaja.

MX Player bisa kamu download gratis melalui Play Store, aplikasi ini akan menampilkan iklan kecuali kamu membeli versi berbayarnya. Namun tidak perlu khawatir terganggu karena iklan yang ditampilkan tidak agresif.

VLC for Android

VLC for Android

VLC for Android
VLC for Android
Developer: Videolabs
Price: Free

Selain menyediakan versi desktop, VLC juga memberikan fasilitas video player mereka ke pengguna Android. Aplikasi open source ini bisa menhandle file video dan audio di beberapa format umum.

Selain untuk memutar video offline, VLC for Android juga mendukung streaming termasuk adaptive streaming.

Aplikasi ini memiliki desain simpel yang bisa memutar video full screen dengan gesture-based control untuk menambah serta mengurangi volume dan kecerangan layar.

VLC for Android memiliki fitur lain seperti multi-track audio, 5 band equalizer, subtitle dan banyak lagi. Aplikasi ini bisa kamu gunakan sepenuhnya gratis, tanpa iklan dan opsi pembelian didalam aplikasi.

Aplikasi Pemutar Video untuk iPhone

Untuk pengguna iPhone, kamu bisa mencoba beberapa alternatif video player berikut sebagai pengganti media player bawaan.

PlayerXtreme Media Player

PlayerXtreme Media Player

‎PlayerXtreme Media Player
‎PlayerXtreme Media Player
Developer: iStreamer
Price: Free+

PlayerXtreme Media Player untuk iPhone dan iPad ini memiliki beragam fitur menarik. Aplikasi ini mendukung beragam format video, jadi kamu tidak perlu khawatir jika mendapatkan format video yang tidak umum.

Antarmuka aplikasi ini akan membuatmu mudah mencari konten yang ada didalam penyimpanan untuk diputer.

Supported format: 3gp, asf, avi, divx, dv, dat, flv, gxf, m2p, m2ts, m2v, m4v, mkv, moov, mov, mp4, mpeg, mpeg1, mpeg2, mpeg4, mpg, mpv, mt2s, mts, mxf, ogm, ogv, ps, qt, rm, rmvb, ts, vob, WebM, wm, wmv, iso, wtv, video_ts

KMPlayer

KM Player for iOS

‎KMPlayer
‎KMPlayer
Developer: PandoraTV. CO.,LTD
Price: Free

Alternatif lain yang bisa kamu coba adalah KMPlayer. Dengan aplikasi ini kamu tidak perlu lagi khawatir tentang format serta encoding sebuah video.

Kamu juga bisa memutar video melalui cloud storage dengan jaringan internet, beberapa cloud storage yang didukung seperti Google Drive dan Dropbox.

Supporter formats: 3gp, 3gp2, 3gpp, amv, asf, avi, axv, flv, f4v, gvi, gxf, m1v, m2p, m2t, m2ts, m2v, m4v, mks, mkv, moov, mov, mp2v, mp4, mpeg, mpeg1, mpeg2, mpeg4, mpg, mpv, mt2s, mts, mxf, nsv, nuv, oga, ogg, ogm, ogv, ogx, spx, ps, qt, rec, rm, rmvb, tod, ts, tts, vob, vro, webm, wm, wmv, wtv, xesc.

Penutup

Itulah beberapa aplikasi pemutar video komputer maupun smartphone yang bisa kamu coba.

Meski beberapa diantaranya memiliki iklan, namun tidak ada yang muncul secara agresif dan masih bisa dimaklumi.

Jika menemukan alternatif lainnya, saya akan menambahkannya ke dalam artikel ini.

Semoga bermanfaat.

Cheers!