Seiring dengan perkembangan zaman, fungsi Smartphone semakin meluas tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi. Saat ini kita bisa melakukan pembayaran melalui mobile banking ataupun e-wallet yang ada di smartphone kita.

Aplikasi seperti ini tentunya memiliki banyak data pribadi kita yang bersifat sangat rahasia, karenanya penting untuk menjaga aksesnya khusus untuk kita sendiri. Juga, kita biasanya banyak menyimpan file foto & video pribadi di dalam galeri.

Tidak seperti perangkat iOS yang harus dijailbreak untuk mengunci aplikasi dengan TouchID, Android memiliki banyak aplikasi pengunci aplikasi yang bisa digunakan dengan sangat mudah.

Aplikasi Pengunci Aplikasi dan File Android Terbaik

Aplikasi ini bertugas untuk memberikan password tambahan dalam beragam bentuk seperti passcode, PIN, fingerprint scanner atau metode unik lainnya.

Fitur semacam ini memang sudah banyak ditambahkan oleh pengembang aplikasi Android yang membuat penggunanya tidak perlu memasang aplikasi pihak ketiga. Namun jika Android-mu tidak memilikinya, kamu bisa menggunakannya melalui beberapa aplikasi pengunci berikut.

AppLock by DoMobile Lab

AppLock by DoMobile Lab

Schützen (AppLock)
Schützen (AppLock)
Developer: DoMobile Lab
Price: Free+

AppLock merupakan salah satu aplikasi pengunci yang sangat populer, dengan jumlah download lebih dari 100 juta kali. Aplikasi ini sudah tentu mendapatkan nama sebagai app locker Android terbaik.

Tidak hanya aplikasi, dengan AppLock kamu bisa mengunci beragam fungsi Android seperti Bluetooth, Wi-Fi, Mobile Data dan lainnya. Kamu bahkan bisa mengunci panggilan masuk dan hampir semua elemen yang ada di Android-mu.

Kamu juga bisa membuat profil penguncian seperti Work, Home dan lain-lain. AppLock juga bisa menampilkan peringatan seperti “The app has been stopped” yang merupakan peringatan umum di Android.

Fitur lainnya adalah menyembunyikan aplikasi, mencegah uninstall dan delay sebelum aplikasi terkunci kembali (re-locking). Fiturnya juga termasuk power saving mode, jadi kamu tidak perlu khawatir tentang penggunaan daya baterai.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis dengan opsi in-app purchase sebagai upgrade. AppLock versi gratis sendiri memang masih menampilkan iklan, namun cukup jarang dan tidak agresif.

AppLock – Fingerprint by SpSoft

AppLock - Fingerprint by SpSoft

Schützen(Smart AppLock)
Schützen(Smart AppLock)
Developer: SpSoft
Price: Free+

AppLock – Fingerprint, nama yang simpel seperti aplikasi pengunci untuk Android lainnya. Aplikasi ini layak kamu coba jika ingin mendapatkan fitur lock melalui fingerprint, ia mendukung metode PIN dan fingerprint scanner.

Aplikasi ini juga bisa menyembunyikan notifikasi yang muncul pada notifikasi bar, jadi misalnya kamu mengunci WhatsApp maka setiap ada pesan yang masuk tidak ada yang bisa membacanya sebelum membuka kunci yang sudah dibuat.

Jika menggunakan metode PIN, kamu bisa membuat password yang berbeda untuk setiap aplikasi. Saya sendiri kurang menyarankan karena cukup merepotkan jika kamu lupa passwordnya, namun jika kamu memang butuh fitur ini akan sangat membantu.

Fitur lain dari aplikasi ini, kamu bisa membuat profil penguncian dan memastikan app lock aktif pada waktu tertentu atau berdasarkan koneksi Bluetooth dan Wi-Fi. Kamu juga bisa mengunci system settings seperti rotasi dan lainnya.

FingerSecurity by Rick Clephas

FingerSecurity by Rick Clephas

FingerSecurity
FingerSecurity
Developer: Rick Clephas
Price: Free+

Nah FingerSecurity ini dikhususkan untuk Android dengan fitur fingerprint, karena fitur utamanya adalah mengunci dengan sidik jari. Aplikasi ini juga akan meminta alternatif password berupa PIN untuk solusi saat fingerprint-mu tidak dikenal.

FingerSecurity tidak menampilkan iklan didalam aplikasinya, hanya saja untuk mendapatkan fitur keamanan yang lebih lengkap kamu perlu membeli sebagai opsi in-app purchase.

Sayangnya opsi pembelian ini dipisah-pisah berdasarkan fitur yang kamu inginkan, jadi kamu tidak bisa mendapatkan semua fitur premiumnya dengan sekali beli.

AppLock : Fingerprint & PIN by KewlApps

AppLock Fingerprint & PIN by KewlApps

AppLock : Sperren Sie Apps
AppLock : Sperren Sie Apps
Developer: KewlApps
Price: Free

Aplikasi selanjutnya memadukan PIN dan fingerprint untuk membuka aplikasi yang dikunci. Tampilan antarmuka aplikasi ini memang tidak terlalu modern, namun fungsinya bisa dibilang lumayan untuk sebuah aplikasi gratis.

Kamu bisa mengatur sistem penguncian yang berbeda untuk setiap aplikasi, misalnya WhatsApp dikunci dengan pattern dan Line dikunci dengan fingerprint. Ada juga fitur fake crash, delay re-lock dan lainnya.

AppLock: Fingerprint & PIN sendiri menampilkan iklan yang meski tidak agresif namun cukup mengganggu. Pasalnya iklan tampil dibagian bawah layar saat kamu hendak membuka aplikasi yang kamu kunci, membuatnya terlihat kurang berkualitas.

Meski begitu jika kamu merasa cocok menggunakan aplikasi ini, kamu bisa membeli melakukan upgrade dengan membeli AppLock Pro: Fingerprint & PIN seharga Rp 32.000 di Play Store.

MaxLock – Xposed App Locker by Maxr1998

MaxLock - Xposed App Locker by Maxr1998

MaxLock - Xposed app locker
MaxLock - Xposed app locker
Developer: Maxr1998
Price: Free+

MaxLock menawarkan dua opsi penguncian, yakni powerful dengan akses root dan yang tidak terlalu powerful namun tanpa akses root. Disayangkan memang jika kita harus melakukan root terlebih dahulu untuk mendapatkan performa terbaik MacLock.

Untuk mendapatkan penguncian yang lebih powerful, kamu membutuhkan akses root dan Xposed Framework yang merupakan dasar dari aplikasi MaxLock. Tapi tenang saja, tanpa root pun aplikasi ini sudah bisa digunakan dengan nyaman.

Antarmuka MaxLock cukup simpel dan modern, kamu akan mudah mengerti pengaturan yang dibutuhkan setelah beberapa saat. MaxLock sepenuhnya gratis dan bebas iklan, tidak seperti applock kebanyakan.

Beberapa metode penguncian yang ditawarkan adalah PIN, Pattern, Knock code, Passwrod dan Fingerprint. Aplikasi ini juga memiliki fitur fake crash, MasterSwitch untuk mematikan aplikasi dengan mudah dan lain-lain.

MaxLock juga menawarkan versi premium dari aplikasinya, yang bisa kamu dapatkan melalui donasi. Tambahan untuk versi premium adala fitur delay untuk re-locking, logs, backup/restore locked app.

AppLock by IvyMobile

AppLock by IvyMobile

Schützen Sperren - AppLock
Schützen Sperren - AppLock
Developer: IVYMOBILE
Price: Free

Namanya memang mirip, namun AppLock yang satu ini dibuat oleh IvyMobile. Seperti aplikasia pengunci kebanyakan, kamu bisa mengunci aplikasi hingga foto dan video yang ada didalam Android-mu.

Fitur menarik lainnya kamu bisa mengambil foto orang yang mencoba membuka kunci aplikasi yang kamu buat, IvyMobile juga mengklaim aplikasinya memiliki fitur untuk power saving yang bisa menghemat penggunaan baterai hingga 50%.

Sayangnya ia menampilkan iklan yang cukup mengganggu, pasalnya kamu akan menemukan iklan muncul dilayar Android-mu saat hendak membuka aplikasi yang kamu kunci.

AppLocker by BGNmobi

AppLocker by BGNmobi

AppLocker buatan BGNmobi ini juga menjadi alternatif applock yang performanya cukup lumayan. Kamu punya beberapa metode penguncian yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, termasuk fingerprint jika Android-mu memilikinya.

Seperti applock lain, AppLocker by BGNmobi ini juga memiliki fitur untuk mencegah uninstall aplikasi termasuk mengunci settings Android-mu yang biasanya menjadi salah satu jalan untuk menghapus aplikasi.

Aplikasi ini menampilkan iklan yang sayangnya muncul dilayar saat kamu membuka kunci yang kamu buat, sangat kurang nyaman dilihat memang. Namun jika kamu menyukai aplikasi ini, kamu bisa upgrade ke versi Pro dengan membayar sekitar $3.5 saja.

Penutup

Sudah menemukan aplikasi pengunci aplikasi yang kamu butuhkan?

Kebanyakan applock memang menampilkan iklan yang menjadi sumber pendapatan developernya, namun selama tidak tampil secara agresif dan penempatannya tidak mengganggu menurut saya masih bisa diterima.

Terlebih jika kamu memang membutuhkannya akan lebih baik untuk upgrade atau membeli versi premiumnya.

Saya akan mencoba menambahkan opsi aplikasi lain kedepannya, tentu saya akan mencobanya terlebih dahulu untuk memastikan applock tersebut bisa digunakan sesuai fungsinya.

Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.

Cheers!