Kamu sering lihat YouTuber gaming?

Konten video seputar game yang mereka unggah didapat dari rekaman layar menggunakan aplikasi perekam layar.

Selain untuk merekam gameplay, aplikasi seperti ini biasanya juga digunakan untuk membuat tutorial penggunaan aplikasi di komputer.

Aplikasi perekam semacam ini memang sangat banyak beredar di internet, hanya saja sebagian dari mereka memiliki kekurangan yang cukup vital seperti berbayar, terdapat watermark di versi gratis hingga pembatasan waktu perekaman.

Tapi kamu tidak perlu khawatir dan mencoba mencari versi crack dari aplikasi tersebut, karena masih ada beberapa aplikasi perekam layar gratis dengan fitur juara yang bisa kamu gunakan.

Aplikai Perekam Layar PC Terbaik Gratis

Beberapa syarat aplikasi perekam layar yang saya masukkan kedalam artikel ini adalah gratis, tidak ada watermark dan tidak ada batasan waktu rekam.

1. Open Broadcasting System (OBS)

Aplikasi Perekam Layar PC Open Broadcasting System

Pernah denger OBS?

Open Broadcasting System atau yang biasa disebut OBS adalah salah satu aplikasi screen capture dan streaming terbaik saat ini.

OBS Studio merupakan software open source dan sepenuhnya gratis digunakan tanpa ada batasan sama sekali.

Meski lebih dikenal untuk streaming, OBS sebenarnya juga memiliki fitur perekaman layar dengan kualitas tinggi dan tanpa batasan jumlah atau waktu perekaman.

Yang menjadi kekurangan adalah pengaturan yang kurang user friendly, terlebih jika kamu baru pertama kali menggunakannya. Namun setelah mendapatkan pengaturan yang tepat kamu bisa memiliki footage perekaman terbaik.

2. Streamlabs OBS

Aplikasi Perekam Layar PC Streamlabs OBS

Streamlabs OBS sendiri merupakan versi upgrade dari OBS Studio yang memiliki fitur lebih banyak dan penggunaan yang simpel untuk streaming maupun recording.

Streamlabs juga bisa kamu gunakan sepenuhnya gratis, tidak ada pembatasan waktu perekaman ataupun watermark.

Diaplikasi ini kamu bisa merekam dan streaming hingga 60 fps dengan resolusi yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan atau monitor komputermu.

Seperti halnya OBS Studio, di Streamlabs OBS kamu juga bisa menambahkan beragam overlay gameplay ataupun stream sesuai keinginan. Dan bagi kamu yang sebelumnya menggunakan OBS Studio, kamu bisa melakukan import data dari OBS Studio ke Streamlabs OBS.

3. NVIDIA GeForce Experience (ShadowPlay)

Aplikasi Perekam Layar PC NVIDIA GeForce Experience

Untuk kamu pengguna kartu gratis NVIDIA seri GTX 650 ke atas, kamu bisa memanfaatkan fitur perekaman layar yang terinstall sepaket dengan driver NVIDIA.

Biasanya opsi perekaman dari ShadowPlay akan muncul saat kamu membuat game, namun kamu juga bisa melakukan perekaman dilayar selain game dengan menekan hotkeys yang ada.

Beberapa fitur yang ditawarkan ShadowPlay antaral lain perekaman replay berdurasi 20 menit, instant screenshots, perekaman layar komputer, hingga streaming dengan resolusi maksimal 4k di 60fps sesuai dengan dukungan platform streamnya.

Saya sendiri sudah mencobanya merekam layar saat bermain game FPS, tidak ada frame drop dengan hasil rekaman yang jernih. So, jika kamu sudah menggunakan kartu gratis NVIDIA yang didukung ShadowPlay layar dicoba.

Shadowplay sudah ada  dalam driver NVIDIA, kamu hanya perlu menekan hotkey defaultnya dan pengaturannya akan muncul. Malah biasanya ia muncul saat kamu membuka sebuah game, jadi kamu tidak perlu download apapun untuk menggunakannya.

4. AMD Radeon ReLive

Aplikasi Perekam Layar PC AMD Radeon ReLive

Sama seperti ShadowPlay milik NVIDIA, AMD juga memiliki aplikasi stream dan record bawaan driver bernama Radeon ReLive.

Radeon ReLive bisa digunakan untuk pengguna kartu grafis AMD seri RX 400 ke atas.

Aplikasi ini memiliki fitur yang terbilang lengkap dan tentunya mendukung screen recording dan streaming dengan frame rate 60 fps.

Kamu tidak perlu mendownload Radeon ReLive lagi karena sudah termasuk ke dalam bundling driver VGA Radeon-mu.

5. Xbox Game Bar

Xbox Game Bar

Jika saat ini kamu menggunakan Windows 10, kamu bisa mencoba fitur Xbox Game Bar yang diluncurkan Microsoft.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk screenshots, sceen recording dan streaming dengan sangat mudah.

Selain itu Xbox Game Bar juga memberikan menu Performance yang berisi statistik kinerja CPU, GPU hingga RAM, sehingga kamu bisa mengetahui apapun yang terjadi saat recording secara real-time.

Pengaturan audio pada Xbox Game Bar juga sangat mudah, dimana kamu bisa mengatur level volume game, aplikasi lain yang terbuka dibelakang layar dan chat.

Untuk membuka Xbox Game Bar di Windows 10, kamu bisa menekan tombol Windows + G bersamaan. Penggunaannya sangat mudah dan tidak akan memakan waktu lama untuk memahaminya.

Baca juga: Aplikasi Perekam Layar Android

6. ShareX

ShareX

ShareX juga merupakan salah satu aplikasi screen capture dan screen record open source gratis yang menyediakan beragam fitur menarik lain seperti menambahkan anotasi dan mengupload file foto ke website photo sharing.

ShareX memiliki fitur untuk memilih area spesifik di layar monitor yang ingin di screen capture maupun record. Jadi misalnya kamu ingin merecord tutorial Adobe Photoshop, kamu bisa memilih area aplikasi Adobe Photoshop saja.

Ukuran aplikasi ini sangat kecil dan proses install-nya cukup cepat, kamu juga bisa mengatur hingga 60 fps pada perekaman layar untuk hasil yang lebih bagus. ShareX bisa kamu gunakan gratis tanpa batasan waktu rekam dan watermark.

Namun jika kamu menggunakannya untuk merekam game, kualitasnya tidak terlalu bagus dan tidak mendukung perekaman webcam.

7. Active Presenter

Active Presenter

Active Presenter adalah aplikasi miliki Atomi yang dibuat menjadi satu paket berisi screen record, presenter layaknya powerpoint dan editing video setelah merekam layar.

Memang terdengar sangat cocok untuk pekerja kantoran yang sering membuat presentasi atraktif, karena hanya perlu satu aplikasi untuk beberapa pekerjaan.

Active Presenter sendiri sebenarnya adalah aplikasi berbayar yang mengeluarkan versi gratis, meski demikian untuk sekedar merekam layar dengan jernih sudah sangat cukup.

Tidak ada batasan waktu perekaman, watermark yang mengganggu atau iklan yang tiba-tiba muncul.

8. Free Cam

Free Cam

Free Cam adalah aplikasi perekam layar PC yang penggunaannya sangat simpel, dengan antarmuka yang mudah dipahami. Ia juga dilengkapi audio/video editor yang akan memudahkanmu melakukan editing pada hasil rekaman.

Aplikasi ini bisa digunakan sepenuhnya gratis, meski demikian kamu tidak akan menemukan watermark, iklan maupun limit perekaman didalamnya.

Bisa merekam dengan resolusi tinggi, sayangnya Free Cam tidak mendukung perekaman webcam dan hasil rekaman hanya berupa file WMV. Meski demikian aplikasi ini layak kamu coba karena simpel dan mudah digunakan.

9. Logitech Capture

Logitech Capture

Opsi aplikasi perekam layar PC datang untuk kamu pengguna webcam Logitech, kamu bisa mencoba Logitech Capture.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan recording webcam dan layar maupun streaming dari satu aplikasi.

Logitech Capture mudah digunakan karena antarmukanya yang simpel dan terlihat modern. Ia juga memiliki beragam fitur seperti camera customization, studio style control, vertical video for mobile, record from multiple source dan lain-lain

Namun sayangnya tidak semua webcam Logitech mendukung aplikasi ini, beberapa yang bisa menggunakannya antara lain C920 HD PRO, C920sHD PRO, 1080p PRO STREAM, C922 PRO STREAM, BRIO 4K PRO dan BRIO STREAM.

Penutup

Silahkan pilih salah satu dari 9 aplikasi perekam layar PC gratis diatas untuk kamu gunakan.

Saya sendiri sudah memastikan bahwa tidak ada watermark, iklan maupun batasan waktu perekaman.

Itu fitur lain yang mungkin kamu butuhkan, kamu bisa mencobanya sendiri aplikasi mana yang cocok untuk kebutuhanmu.

Silahkan tinggalkan komentar jika ada yang ingin kamu tanyakan.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu.

Cheers!