Emulator menjadi solusi banyak orang yang membutuhkan akses ke sistem operasi Android tanpa harus memiliki perangkat Android. Kita bisa menginstall-nya di desktop berbasis Windows dan tetap mendapatkan layanan Android penuh layaknya menggunakan smartphone Android pada umumnya.

Para pengguna emulator memiliki tujuannya masing-masing dalam menjalankan emulator. Yang pertama adalah gamer yang memainkan game Android dikomputer agar mendapatkan layar yang lebih luas serta akses ke perangkat keyboard dan mouse.

Kedua adalah developer aplikasi Android yang melakukan uji coba aplikasinya sebelum memutuskan untuk merilisnya secara publik. Dan yang ketiga adalah untuk keperluan produktivitas seperti bisnis dan lain-lain, dimana menggunakan emulator dikomputer dengan spesifikasi tinggi dirasa lebih nyaman dibanding smartphone Android.

Tentu tiga contoh diatas tidak menjadi batasan penggunaan emulator, karena secara harfiah kita bisa menggunakannya seperti smartphone Android selama hardware komputer kita memadai.

Emulator Android Paling Ringan Terbaik

Terkadang karena fiturnya yang lengkap, sebuah emulator menjadi cukup berat dijalankan hingga membutuhkan spesifikasi minimal yang lebih tinggi. Hal ini tentu menjadi masalah untuk beberapa orang. Karenanya saya sudah mengumpulkan beberapa emulator Android ringan yang bisa kamu coba.

Nox Player

Nox Player

Image credit: www.bignox.com

Emulator Android ringan yang pertama adalah Nox Player. Aplikasi ini muncul sebagai salah satu emulator terbaik untuk gaming, meski juga bisa kamu gunakan untuk keperluan lainnya. Kamu bisa memainkan game-game berat untuk skala Android seperti PUBG atau game sejenisnya di NoxPlayer.

Nox Player bisa kamu gunakan secara gratis, bahkan mereka tidak menampilkan iklan sama sekali didalamnya. Fitur-fitur yang dibutuhkan untuk sebuah emulator juga tersedia di Nox Player, seperti key mapping, multiple instances dan macro recorder

Nox juga menyediakan support tentang penggunaan dan pengoptimalan emulator mereka yang bisa kamu lihat melalui blog resminya. Selain bisa digunakan untuk komputer berbasis Windows, kamu juga bisa menggunakan NoxPlayer di perangkat Mac.

Hal penting lainnya soal emulator adalah versi Android-nya. Saat artikel ini ditulis Nox Player sudah menggunakan versi Android 7 Nougat, cukup update bukan?

MEmu

MEmu

Dirilis sejak 2015, MEmu Play juga sebuah emulator Android terbaik yang ditujukan untuk keperluan gaming. MEmu mendukung untuk kedua jenis GPU saat ini, NVIDIA maupun AMD.

Saat ini MEmu juga sudah menjalankan versi Android 7 Nougat yang kompatibel dengan kebanyakan aplikasi serta game di Play Store. Soal dasar seperti key mapping, MEmu juga sudah memilikinya.

BlueStacks

BlueStacks

Image credit: www.bluestacks.com

Mungkin BlueStacks menjadi satu-satunya emulator Android terbaik yang namanya paling populer didaftar ini. BlueStacks memang sudah menjadi pilihan sejak lama, mungkin sebelum emulator lain muncul dan menjadi kompetitornya.

Saat ini BlueStacks juga sudah dioptimasi untuk bisas digunakan bermain game-game Android terbaru dikomputer. Didalam BlueStacks kamu bisa memilih mendownload aplikasi melalui Google Play Store atau app store mereka sendiri.

Menjadi salah satu rekomendasi banyak orang, BlueStacks sudah menjalankan Android versi 7.1.2 Nougat dan mengklaim bahwa emulator mereka memiliki performa 6X lebih cepat dari Samsung Galaxy S9+.

Tencent Gaming Buddy

Tencent Gaming Buddy

Developer salah satu game mobile terpopuler saat ini, PUBG, tidak mau ketinggalan meramaikan pasar emulator Android. Mereka merilis Tencent Gaming Buddy yang umumnya digunakan oleh pemain PUBG mobile di emulator.

Tencent Gaming Buddy memang ditujukan untuk menangani game-game mobile populer saat ini untuk mampu dimainkan dikomputer dengan lancar, jadi tidak hanya PUBG saja. Soal penggunaan mungkin mirip dengan emulator lain, dengan antarmuka yang mudah dipahami.

Kamu bisa melakukan perbaikan performa game melalui menu Settings sesuai kebutuhanmu, TGB juga selalu mendapatkan update secara berkala. Kamu bisa mengatur resolusi layar dari 720p, 1080p hingga 2K dengan kualitas Auto, Smooth, Balancar dan HD.

Saat ini namanya berganti menjadi Game Loop, meskipun disitus resminya kamu masih menemukan nama Tencent Gaming Buddy. Jadi bisa dibilang bahwa Game Loop dan Tencent Gaming Buddy adalah emulator yang sama.

Genymotion

Genymotion

Image credit: www.genymotion.com

Emulator Android terbaik berikutnya adalah Genymotion, ia bukan emulator Android pada umumnya. Genymotion dibuat untuk para developer aplikasi untuk melakukan berbagai tes yang diperlukan pada sebuah aplikasi. Emulator ini dibuat kompatibel dengan Android Studio dan Android SDK, ia bahkan bisa berjalan di MacOS dan Linux.

Genymotion membawa berbagai jenis fitur yang diperlukan oleh developer, yang mungkin tidak akan berguna untuk keperluan gaming atau produktivitas. Selain itu kamu tidak bisa menggunakannya secara gratis karena ada biaya berlangganan yang harus dibayar.

Hal ini tentu karena Genymotion ditujukan untuk kalangan profesional untuk menunjang kelancaran pekerjaan mereka. Genymotion menawarkan emulator mereka dengan harga paling murah $135 pertahun. Namun jika memang butuh, kamu bisa mencobanya terlebih dahulu melalui masa trial yang ditawarkan.

Penutup

Itulah beberapa emulator Android terbaik paling ringan yang bisa kamu coba. Untuk kebutuhan gaming dan produktivitas kasual, 4 daftar diatas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Lalu performanya juga tergantung spesifikasi komputer yang menjalankan emulator tersebut. Sebagian besar dari mereka sudah dioptimasi dengan caranya masing-masing, namun mungkin saja tetap memberatkan kinerja komputermu.

Saran saya, lakukan beberapa pengaturan yang disarankan oleh developer masing-masing emulator ke komputermu agar bisa menjalankannya dengan lebih optimal. Lalu berhati-hatilah dalam memilih emulator terlebih yang namanya kurang populer karena bisa saja disisipi program berbahaya atau yang merugikan komputermu.

Sedangkan untuk Genymotion, mungkin kembali lagi ke kebutuhan developing aplikasimu. Jika memang membutuhkan emulator khusus untuk hal tersebut, mempertimbangkan untuk berlangganan tentu bisa menjadi investasi yang bagus.

Silahkan tinggalkan komentar atau pengalaman menggunakan emulator Android terbaik menurutmu dan semoga artikel ini bermanfaat.

Cheers