Keyboard bawaan Android pada umumnya sudah dilengkapi dengan beragam fitur yang dibutuhkan oleh penggunanya untuk keperluan menulis. Namun sebagian pengguna Android tentu lebih menyukai aplikasi keyboard dengan kustomisasi yang lebih lengkap dibanding keyboard bawaan.

Pilihan keyboard pihak ketiga saat ini sudah sangat banyak dengan kelebihannya masing-masing. Namun memilih aplikasi keyboard yang aman dari malware atau bahkan keyloggers tentu akan lebih susah.

Keyboard Android Terbaik 2019

Untuk menghemat waktumu memilih kandidat aplikasi keyboard untuk Android yang aman dan fiturnya lengkap, saya sudah merangkum beberapa aplikasi keyboard pilihan yang patut kamu coba.

Daftar ini tidak diurutkan berdasarkan yang terbaik, akan lebih baik jika kamu mencoba beberapa atau bahkan semuanya untuk mendapatkan aplikasi keyboard paling cocok untuk keperluanmu.

Gboard

Gboard

Gboard – die Google-Tastatur
Gboard – die Google-Tastatur

Keyboard Android terbaik pertama adalah aplikasi keyboard favorit saya sejak lama. Gboard sendiri digunakan pada perangkat Android yang menggunakan Android stock sebagai sistem operasi. Keyboard rilisan Google ini menjadi salah satu yang terbaik karena simpel, memiliki fitur dasar yang lengkap dan tentunya mudah digunakan.

Kamu bisa melakukan Glide Typing, mencari beragam gambar GIF, emoji, menelusuri di search engine, menerjemahkan kata dengan Google Translate dan banyak lagi fitur yang bisa kamu gunakan.

Untuk kustomisasi backgroud keyboardnya sendiri mungkin tidak selengkap aplikasi keyboard lain, tapi untuk kamu yang lebih suka dengan tampilan simpel mungkin akan sangat puas dengan opsi yang diberikan.

SwiftKey

SwiftKey

SwiftKey Tastatur
SwiftKey Tastatur
Developer: SwiftKey
Price: Free

Tidak perlu diragukan lagi, SwiftKey memang menjadi salah satu keyboard Android terbaik untuk waktu yang cukup lama. Di tahun 2016 SwiftKey diakuisisi oleh Mircosoft karena kemampuannya yang menakjubkan.

SwiftKey menggunakan artificial intelligence yang berguna untuk memprediksi kata apa yang selanjutnya akan diketik oleh pengguna. Terdapat pula fitur autocorrect dan gesture typing untuk pengetikan yang lebih cepat. AI yang dimilikinya akan belajar dari pola ketikanmu dan beradaptasi dengannya.

Keyboard ini juga dilengkapi dengan banyak emoji, GIF dan lain-lain yang dijamin bisa membuat aktivitas chatting-mu tidak membosankan. Soal kustomisasi desain, warna dan sejenisnya juga cukup memuaskan.

Fleksy

Fleksy

Fleksy diklaim memiliki prediksi teks yang lebih baik dibanding keyboard lainnya. Sudah digunakan oleh lebih dari 5 juta pengguna, Fleksy menawarkan berbagai macam kustomisasi termasuk lebih dari 50 tema yang bisa kamu gunakan. Yang menarik mungkin adalah tema bunglon, yang bisa menyesuaikan dengan warna tema yang sedang kamu gunakan.

Fleksy sudah mendukung lebih dari 40 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Jadi kamu tidak akan kecewa jika menginginkan fitur autocorrect atau prediction-nya tidak bekerja, karena dengan mendownload database Bahasa Indonesia dan memilihnya kamu sudah bisa menggunakan fitur-fitur tersebut dan nyaman.

Untuk kamu yang khawatir soal keamanan data, privacy policy Fleksy sudah menyatakan bahwa Fleksy tidak akan mengumpulkan data pribadi penggunanya tanpa izin. Jika kamu membutuhkan alternatif Gboard, mungkin Fleksy bisa jadi jawaban.

Chrooma

Chrooma

Chrooma - Chamäleon-Tastatur RGB
Chrooma - Chamäleon-Tastatur RGB

Chrooma bisa dibilang mirip dengan Gboard, kecuali ia memiliki lebih banyak opsi kustomisasi dibanding dengan yang ditawarkan Gboard. Di Chrooma, kamu juga bisa menemui fitur-fitur esensial seperti autocorrect, keyboard resizing, predictive typing dan swipe typing.

Untuk kamu yang suka aplikasi dengan night mode, fitur tersebut juga tersedia di Chrooma dimana ia akan merubah tone warnanya saat mode malam diaktifkan. Kamu juga bisa mengatur timer kapan mode malam ini akan aktif.

Kustomisasi keyboard yang menarik adalah adaptive color mode, dimana Chrooma akan menyesuaikan warnanya dengan aplikasi yang sedang kamu gunakan. Ini akan membuat keyboard Chrooma seperti bagian dari aplikasi tersebut. Masalahnya aplikasi ini cenderung memiliki glitch dan bugs yang bisa muncul dibeberapa situasi.

Go Keyboard

Go Keyboard

Go Keyboard jadi salah satu keyboard terbaik dan terpopuler hingga saat ini dengan lebih dari 200 juta pengguna diseluruh dunia. Go Keyboard memiliki lebih dari 1000 tema gratis yang bisa kamu gunakan secara koleksi emoji lebih dari 800 yang bisa kamu gunakan dibanyak aplikasi chatting ataupun berkirim pesan elektronik.

Go Keyboard juga mendukung banyak variasi bahasa, termasuk Bahasa Indonsia tentunya. Jadi fitur seperti autocorrect dan sejenisnya bisa benar-benar berguna untukmu. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan kamus yang bisa memberitahumu arti suatu kata dalam bahasa apapun.

Penutup

Itulah beberapa aplikasi keyboard Android terbaik saat ini. Semua keyboard diatas bisa kamu gunakan sepenuhnya gratis, hanya saja sebagian diantaranya menampilkan iklan didalam aplikasi keyboard tersebut (bukan saat keyboardnya digunakan). Sebagian juga menawarkan beberapa opsi in-app purchase untuk fitur tertentu.

Opini saya Gboard adalah yang terbaik karena paling simpel dengan fitur dasar lengkap, gratis dan pastinya tanpa iklan sama sekali. Gboard juga sangat ringan digunakan, baik saat mengetik maupun mencari emoji atau GIF. Tapi keputusan ada ditanganmu.

Saya akan mencoba memperbarui daftar diatas dengan opsi keyboard Android terbaik lain kedepannya. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu.

Cheers