Android memang sudah terkenal akan kemudahan dalam hal kustomisasi, termasuk pada bagian User Interface. Pengguna Android umumnya menggunakan Launcher dari pihak ketiga untuk mendapatkan tampilan sesuai yang mereka inginkan, dengan banyak opsi pengaturan yang tersedia.

Sebenarnya setiap OS Android sudah memiliki Launcher, karena smartphone Android tidak akan bisa digunakan tanpanya. Namun, Launcher bawaan OS umumnya memiliki banyak kekurangan fitur yang dibutuhkan pengguna.

Solusinya adalah dengan menginstal Launcher pihak ketiga yang bisa didapatkan dari Play Store. Kebanyakan Launcher ini sudah didukung dengan segudang opsi pengaturan yang akan memenuhi kebutuhanmu.

Dengan Launcher kamu bisa memperbarui tampilan Android-mu agar terlihat lebih segar dan tidak membosankan. Cara ini adalah alternatif lain selain mengganti wallpaper pada ponsel. Berikut beberapa aplikasi Launcher Terbaik untuk Android yang perlu kamu coba.

Launcher Terbaik untuk Android

Nova Launcher

Nova Launcher

Nova Launcher
Nova Launcher
Developer: TeslaCoil Software
Price: Free

Siapa yang tidak kenal dengan Nova Launcher?

Pengguna Android yang suka mengutak-atik smartphone-nya tentu kenal dengan launcher fenomenal ini. Nova Launcher sudah ada sejak cukup lama, bahkan bisa lebih lama dari umur kamu menggunakan smartphone Android.

Sampai saat ini Nova Launcher masih menjadi salah satu Launcher terbaik karena kemudahan dan kustomisasinya yang sangat beragam.

Penggunaan Nova Launcher terbilang ringan dan efisien. Ia juga mendukung kustomisasi dock, badge notifikasi, kustomisasi ikon dengan beragam ikon pack yang kamu punya, gestures dan masih banyak yang lainnya.

Nova Launcher juga bisa kamu gunakan gratis dengan fitur yang sudah sangat banyak. Namun jika ingin mendapatkan fitur lengkapnya, kamu bisa memmbeli Nova Prime yang merupakan versi berbayar.

Apex Launcher

Apex Launcher

Sama seperti Nova, Apex Launcher juga menjadi salah satu launcher yang cukup tua. Apex sendiri bertujuan untuk memberikan penggunanya tampilan stock Android dengan tambahan fitur-fitur menarik pada bagian antarmukanya dengan mempertahankan performa cepat pada smartphone.

Sudah memiliki theme engine, Apex Launcher memiliki beberapa fitur seperti hide apps, 9 customizable home screens, mengurutkan apps menurut judul dan banyak lagi lainnya.

Apex Launcher bisa kamu download secara gratis. Namun jika kamu membeli versi Pro maka kamu akan mendapatkan tambahan fitur gesture, powerful app drawers customization dan banyak fitur tambahan lainnya.

ASAP Launcher

ASAP Launcher

ASAP Launcher memiliki tujuan yang unik, yakni untuk tetap simpel dan fokus pada produktivitas penggunanya. Launcher ini memang tidak ditujukan untuk semua orang, karena kamu tidak bisa menempatkan ikon aplikasi maupun widget dilayar utamamu.

Pada layar utama kamu bisa menempatkan 5 aplikasi pada dock yang tersedia, dan bila kamu swipe ke atas maka kamu akan mendapati beberapa slot untuk ikon app yang bukan merupakan full app drawer. Nantinya disini akan ditempatkan beberapa aplikasi yang sering kamu gunakan secara otomatis.

ASAP Launcher juga bisa kamu coba secara gratis melalui Play Store. Versi berbayar launcher ini akan membuka opsi icon packs, dimana kamu bisa mengganti ikon aplikasi dengan ikon yang kamu miliki.

Evie Launcher

Evie Launcher

Evie Launcher
Evie Launcher
Developer: Evie Labs Inc.
Price: Free

Evie Launcher didesain untuk performa dan merupakan salah satu aplikasi launcher tercepat Android saat ini. Banyak pengguna launcher yang beralih menggunakan Evie karena penggunaannya yang lebih smooth.

Evie mempunyai fitur pencarian bernama Universal Search, dimana kamu bisa mencari seluruh aplikasimu dengan mudah dan cepat. Kamu bisa melakukan kustomisasi ikon aplikasi, ukuran, wallpaper, home screen shortcuts, folder grid, app drawer dan lain-lain.

Launcher ini bisa kamu gunakan sepenuhnya gratis, tanpa opsi in-app purchase sama sekali. Bahkan jika kamu sudah mendapatkan pengaturan yang pas pada Evie Launcher, kamu bisa melakukan backup langsung ke Google Drive agar tidak kehilangan pengaturan tersebut.

Kekurangan Evie Launcher hingga saat ini adalah kamu tidak akan menemukan banyak pengaturan gesture di aplikasi ini. Namun kemungkinan developer Evie akan terus memberikan pembaruan untuk menambah kekurangan ini dan lainnya sembari mempertahankan Evie sebagai launcher yang ringan dan cepat.

Action Launcher

Action Launcher

Action Launcher
Action Launcher
Developer: Action Launcher
Price: Free+

Memiliki kesan seperti stock Android, Action Launcher juga termasuk launcher lawas dan populer sampai saat ini. Action Launcher memiliki fitur unik bernama Quicktheme, dimana kamu bisa melakukan kustomisasi warna pada UI smartphone-mu sesuai dengan warna wallpaper.

Fitur Covers dan Shutters pada Action Launcher memungkinkan kamu untuk menyembunyikan widget dan folder, memudahkan kamu untuk mendapatkan home screen sesuai dengan keinginanmu.

Smart Launcher 5

Smart Launcher 5

Smart Launcher 5
Smart Launcher 5
Price: Free+

Kamu sering menggunakan smartphone dengan satu tangan? Jika iya, coba Smart Launcher 5 yang didesain untuk digunakan satu tangan.

Smart Launcer 5 sendiri merupakan pembaruan dari Smart Launcher yang sudah lebih dulu dipublikasikan di Play Store. Launcher ini memiliki segudang fitur menarik, namun bisa dibilang berbeda dengan Nova Launcher.

Terdapat ultra-immersive mode, automatic sorting app, beragam gestures dan hotkeys, ambient theming, adaptive icons dan lainnya.

Smart Launcher 5 bisa mengumpulkan aplikasi dalam beberapa kategori secara otomatis. Dan jika kamu membayar untuk versi Pro, kamu bisa membuat kategorimu sendiri dan mengurutkannya dalam app drawer sesuai keinginanmu.

Lawnchair Launcher

Lawnchair Launcher

Lawnchair 2
Lawnchair 2
Developer: deletescape
Price: Free

Butuh launcher yang benar-benar gratis? Coba Lawnchair Launcher, aplikasi ini merupakan open source project yang bisa kamu gunakan secara cuma-cuma tanpa iklan dan opsi in-app purchase didalamnya.

Menjadi salah satu aplikasi baru, Lawnchair memiliki tampilan dan pengalaman penggunaan yang mirip dengan Pixel Launcher dengan banyak fitur yang mirip.

Kamu bsia menggunakan light, dark, black themes dan beberapa kemungkinan pengaturan theme lain untuk menghasilkan tampilan yang elegan. Secara keseluruhan Lawnchair mencoba tetap dekat dengan fungsional sebuah Android dengan tetap mengedepankan kesan estetik.

Microsoft Launcher

Microsoft Launcher

Microsoft Launcher
Microsoft Launcher

Jika kamu berpikir Microsoft meluncurkan launcher denga tampilan mirip Windows Mobile, maka pemikiarmu salah besar.

Microsoft Launcher memiliki tampilan yang sangat simpel layaknya stock Android. Launcher ini sangat pas untuk kamu yang menggunakan layanan Microsoft, misalnya email outlook untuk tugas maupun pekerjaan karena integrasinya yang baik.

Bosan dengan wallpaper yang itu-itu saja? Microsoft Launcher bisa merubah wallpapermu secara berkala melalui layanan Bing mereka.

Baca juga: Aplikasi Wallpaper

Dilihat dari home screen, kamu akan mendapatkan dock dengan beberapa aplikasi. Dock ini bisa kamu swipe keatas untuk memperlihatkan second dock berisi aplikasi lain dan beberapa pengaturan umum smartphone seperti slider kecerahan layar, Bluetooth, flashlight dan lainnya.

Niagara Launcher

Niagara Launcher

Niagara Launcher sangat cocok digunakan untuk pengguna Android yang menyukai hal simpel, minimalis dan elegan. Apa yang kamu dapat adalah apa yang kamu lihat dari Niagara Launcher.

Meski terkesan sangat simpel, kamu masih mendapatkan opsi pengaturan yang layak. Seperti opsi light dan dark themes dan menggunakan icon packs yang kamu inginkan.

Di home screen kamu tidak akan melihat widget apapun. Kamu bisa memilih hingga 8 aplikasi yang sering kamu gunakan untuk ditempatkan di home screen. Kemudian disebelah kanan terdapat list berupa alphabet yang merupakan huruf awalan aplikasi yang kamu miliki.

Niagara Launcher bisa digunakan sepenuhnya gratis, tanpa ada iklan ataupun bloatware lain. Dengan ukurannya yang kecil, launcher ini bisa bekerja dengan baik dan smooth bahkan untuk perangkat Android low-end.

Rootless Launcher

Rootless Launcher

Rootless Launcher
Rootless Launcher
Developer: Amir Zaidi
Price: Free

Aplikasi Rootless Launcher adalah open-source project dimana kamu bisa mendapatkan semua fitur dari Pixel Launcher pada semua perangkat Android. Meski cukup sederhana, kamu masih mendapatkan fitur icon packs, theme based on wallpaper, merubah letak search bar dan lain-lain.

Rootless Launcher sendiri bisa dibilang sebagai aplikasi launcher baru, karena baru dirilis pada 2018 lalu. Meski begitu kamu tidak perlu khawatir karena launcher ini bisa bekerja dengan baik dan tentunya cepat.

AIO Launcher

AIO Launcher

AIO Launcher
AIO Launcher
Developer: AIO Mobile Apps
Price: Free+

Kalau kamu butuh launcher dengan tampilan yang lebih unik lagi, mungkin AIO Launcher adalah pilihan yang tepat. Daripada membuat tampilan seperti Android stock, AIO lebih memilih menampilkan list informasi dari berbagai aplikasi.

Home screen Android-mu akan dipenuhi oleh informasi seperti SMS terakhir, missed calls, media player, info system (RAM, battery, storage, dll) dan bahkan berita dan tweet. Dengan tampilan seperti ini bisa dibilang AIO Launcher lebih widget oriented UI.

Pada versi Pro, kamu bisa mendapatkan intergrasi dengan aplikasi Telegram dan widget dari aplkasi lain. Akan terlihat ramai memang, tapi mungkin bisa menjadi angin segar dari tampilan UI yang monoton setelah sekian lama.

Poco Launcher

Poco Launcher

Poco Launcher merupakan stock launcher untuk perangkat Android yang cukup populer dan murah yakni Pocophone. Tampilan UI launcher ini sangat simpel dengan rasa stock Android yang memiliki ikon di home screen dan swipe untuk menampilkan app drawer.

Kamu bisa melakukan kustomisasi grid di home screen dan background app drawer. Terdapat pula fitur privasi untuk menyembunyikan aplikasi dari app drawer jika kamu membutuhkannya.

Secara kesuluruhan launcher ini berjalan dengan smooth dan ringan. Mungkin bisa menjadi rekomendasi yang tepat untuk pengguna perangkat Android low-end atau kamu yang membutuhkan launcher dengan tampilan simpel.

Hyperion Launcher

Hyperion Launcher

hyperion launcher
hyperion launcher
Developer: prjkt.io
Price: Free+

Hyperion bisa dibilang sebagai launcher pendatang baru lainnya, meski begitu ia bisa bersaing dengan cukup baik dengan pesaing berat seperti Nova, Action dan Lawnchair. Hyperion Launcher memiliki UI seperti Android stock pada umumnya tanpa bloatware.

Terdapat cukup banyak fitur seperti icon packs support, icon shape changer, theming element dan lain-lain.

Launcher ini juga sudah mendukung fitur Google Feed, namun memerlukan download terpisah seperti yang ada dilauncher lain.

Lightning Launcher

Lightning Launcher

Lightning Launcher
Lightning Launcher
Developer: PierroX
Price: 4,49 €+

Lightning Launcher sudah berkembang menjadi salah satu launcher Android dengan banyak kustomisasi, setelah sebelumnya hanya sebuah launcher minimalis. Launcher ini juga masih sangat ringan digunakan.

Lightning memberikan opsi kustomisasi pada hampir semua sektor di layar Androidmu. Kamu bisa membuat beberapa set home screens untuk beragam keperluan.

Fitur yang paling unik pada Lightning Launcher mungkin adalah scripting support. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menggunakan JavaScript agar Lightning bisa melakukan semua hal dalam hal kustomisasi UI.

Total Launcher

Total Launcher

Total Launcher
Total Launcher
Developer: ChYK the dev.
Price: Free

Butuh opsi launcher simpel lain? Coba Total Launcher. Meski bukan salah satu launcher populer saat ini, launcher ini layak dicoba karena fitur-fiturnya.

Tedapat kustomisasi tema dan lain-lain yang dibutuhkan untuk sebuah launcher. Terlebih launcher ini gratis tanpa bloatware, iklan dan opsi in-app purchase. Cukup layak dicoba bukan?

CPL

CPL

CPL atau Customized Pixel Launcher secara garis besar adalah versi clone dari Pixel Launcher yang bisa kamu download gratis di Play Store. Tentu tampilan dan pengalaman penggunaan dari CPL mirip dengan Pixel Launcher.

Dengan UI yang clean kamu masih bisa mendapatkan banyak kustomisasi dan UI tweaks. Kamu bisa menginstall plugin untuk mengaktifkan Google Feed seperti yang ada di launcher lainnya.

ADW Launcher 2

ADW Launcher 2

ADW Launcher 2
ADW Launcher 2
Developer: AnderWeb
Price: Free+

ADW Launcher 2 sudah dalam status stable, dan tentunya cepat serta mudah digunakan dengan ratusan kustomisasi yang tersedia. UI-nya terasa seperti stock Android, kamu juga bisa melakukan penyesuaian warna tampilan sesuai dengan wallpaper yang sedang digunakan.

Terdapat pula fitur icon badges, launcher shortcut, indexing app on drawer, transition animation dan segudang fitur berguna dan menarik lainnya.

Hadir tanpa bloatware dan iklan, ADW Launcher 2 bisa kamu download dan gunakan secara gratis. Terdapat opsi in-app purchase jika kamu ingin mendapatkan fitur penuh dari ADW Launcher.

Penutup

Sudah menemukan aplikasi launcher Android terbaikmu?

Bagikan pengalaman penggunaan launcher atau berikan opinimu terhadap launcher lain untuk ditambahkan ke artikel ini kedepannya.

Teriakasih sudah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.

Cheers